-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Dede Farhan Aulawi, Gelar Pelatihan Teknik dan Manajemen Perawatan  Personil Logistik Brimob di Mako Brimob Polda Bali
Dede Farhan Aulawi, Gelar Pelatihan Teknik dan Manajemen Perawatan  Personil Logistik Brimob di Mako Brimob Polda Bali

Dede Farhan Aulawi, Gelar Pelatihan Teknik dan Manajemen Perawatan Personil Logistik Brimob di Mako Brimob Polda Bali

Foto.- Dede Farhan Aulawi saat saat memberikan pelatihan Pada Personil Logistik Brimob Polda Bali.

BALI SPIRITNEWS.- Dede Farham Aulawi, memberikan Pelatihan, *Teknik dan Manajemen Perawatan Rantis, Ransus dan Ranmor* pada personil logistik Brimob di Mako Brimob Polda Bali.

Pada kesempatan tersebut, ia menjelaskan konsep dasar dari ilmu perawatan kendaraan, mulai dari corrective maintenance (breakdown maintenance/ shutdown maintenance), preventif maintenance, predictive maintenance sampai total productive maintenance.

Disamping itu dijelaskan tujuan dari perawatan, pemilihan kebijakan perawatan, organisasi perawatan, biaya perawatan, maintenance schedule, maintenance instruction, sampai maintenance logbook (historical maintenance).
Juga dibahas teknik perawatan yang didasarkan atas vibration analysis, noise level, tribology, Miss aligment, dan lain - lain.

Pembahasan difokuskan pada Rantis Baraccuda, Bus Hino, Truck dan Ransus.

Untuk Rantis Baracuda dimulai dari pengecekan level pendingin (coolant), minyak rem untuk mekanisme rem hidrolis, sistem pencuci kaca depan, level oli mesin, level oli sistem kemudi, sistem rem dan level minyak rem, tabung pengering udara terkompresi, sistem hidrolis, minyak pelumas motor derek dengan kelas kekentalan (VG 100 Synthetic ISO 3448) dan VG 150 Mineral ISO 3448, Pembersihan radiator, baterai/accu, dan periode interval waktu perawatan.

Untuk Ransus Ford Ranger dimulai dari opening dan closing the hood, engine oil dipstick / check, engine coolant check, brake fluid check, power steering fluid check, fuel filter water trap, battery, dan engine air filter.

Untuk Truck Isuzu Elf dimulai dari oli mesin, cairan pendingin mesin, radiator dan intercooler, fan belt, air filter, fuel filter, selang dan pipa rem, kopling, oli transmisi, oli roda gigi, minyak power steering, dan grease bantalan.

Untuk Bis Hino seri GB150 dimulai dari oli mesin dan filter oli, cairan pendingin mesin, oil separator, baterei dan kopling, filter bahan bakar, chassis dan bodi, power steering, oli transmisi, kanvas dan tromol rem.(*/Rusli).

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.