-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Anthony,Saksikan Mulai Awal Terjadi Lakalantas Yang Terekam Dari CCTV
Anthony,Saksikan Mulai Awal Terjadi Lakalantas Yang Terekam Dari CCTV

Anthony,Saksikan Mulai Awal Terjadi Lakalantas Yang Terekam Dari CCTV


Photo,Peristiwa lakalantas yang disaksikan ratusan orang pengendara 
di sekitar perbatasan kota makassar kab gowa. 

Spirit.com.- Setiap hari “Saya lihat dari rekaman kamera CCTV,” kata Anthony Ketua Tim Operator Smart City Kota Makassar kepada awak media bukan hanya peristiwa pengendara sepeda motor digilas truk di perbatasan Kota Makassar dan Kabupaten Gowa dilihat sangat jelas oleh Anthony Poluan. Padahal Anthony tidak berada di lokasi kejadian dan sangat jauh,katanya.

Detik-detik kecelakaan lalu lintas yang menelan korban jiwa ini sangat detil terlihat. Mulai sepeda motor masuk dalam kolong truk sampai digilas. “Rekaman kami dijadikan barang bukti polisi,” kata Anthony. Sistem keamanan ini juga sudah terintegrasi dengan Command Center yang dikelola oleh Polrestabes Makassar,turunya pada Hari Senin  Tanggal 14 Agustus 2017.

Dijelaskan bahwa selain peristiwa lakalantas, Anthony bersama tim pemantau CCTV juga menyaksikan banyak kejadian di hampir semua wilayah Kota Makassar. Seperti kebakaran, demonstrasi, kemacetan jalan, dan peristiwa pencurian.

Pemerintah Kota Makassar mengendalikan 300 titik CCTV yang disebar semua kecamatan. “Boleh dibilang, hampir semua wilayah sudah memiliki CCTV,” kata Anthony. Kehadiran CCTV juga membantu beberapa warga yang mengalami pencurian.

Setiap bulan selalu ada warga yang ingin meminta rekaman peristiwa. “Untuk mendapatkan rekaman, jika bersifat investigatif dan pengembangan pada sebuah kasus syaratnya harus ada ijin dari aparat kepolisian,” kata Anthony. “Kami hindari disalahgunakan. Ini juga bagian dari standar keamanan kami,” kata Anthony.

CCTV Kota Makassar juga selalu dimanfaatkan untuk mengawal kedatangan dan aktivitas tamu VVIP. Misalnya Presiden dan Wakil Presiden yang kunjungan kerja di Makassar. “Semua kamera CCTV pasti akan dipusatkan ke sekitar tamu VVIP,”

Untuk menjaga CCTV beroperasi 24 jam, petugas di Ruang Operasi harus selalu mengecek kondisi server dan tegangan listrik. Jika listrik dari PLN mati, petugas harus segera memperhatikan kondisi ATS (Automatic Transfer Switch) dati catuan PLN ke generator. "Demikian pula kalau ada CCTV yang tidak berfungsi, harus segera diperbaiki,” kata Anthony.

Anthony menceritakan, pernah ketika terjadi demo di jalan layang Urip Sumoharjo, beberapa pendemo terlihat memecahkan kaca kendaraan yang melintas. “Berkat rekaman CCTV, pelaku yang memecahkan kaca bisa ditangkap,” katanya.

Pemerintah Kota Makassar masih terus meningkatkan jumlah dan kualitas CCTV. Salah satunya dengan public engagement melalui kepedulian swasta untuk berpartisipasi menjaga kota. Setiap bangunan diminta memasang CCTV yang terhubung dengan ruang operasi CCTV milik pemerintah. CCTV ini akan menjadi saksi mata setiap peristiwa yang terjadi di depan CCTV. “CCTV yang kami gunakan bisa diputar 360 derajat,” kata Anthony. (*) Sumber berita makassarterkini.

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.