-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
PWI Takalar Kerjasama Pemkab Melaksanakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparat Desa se- Kabupaten Takalar Tahun 2023
PWI Takalar Kerjasama Pemkab Melaksanakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparat Desa se- Kabupaten Takalar Tahun 2023

PWI Takalar Kerjasama Pemkab Melaksanakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparat Desa se- Kabupaten Takalar Tahun 2023

Foto.- Ketua PWI Kabupaten Takalar, Hasdar Sikki dan Sekretaris Supahrin Tiro mendampingi Asnawin Aminuddin, di Hotel Lynt, Jl Hertasning, Makassar, Pada Hari Minggu Tanggal 17/9/2023.

MAKASSAR SPIRITNEWS.- Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Takalar, Hasdar Sikki mewakili semua pengurus dan Anggota menyampaikan ucapan terima kasih Kepada Pejabat Bupati Takalar Setiawan Aswad, yang telah mempercayakan kepada PWI Takalar melaksanakan kegiatan ini, kata Hasdar Sikki.

Semua desa di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, sebaiknya punya website desa agar mudah berinteraksi dan memberikan pelayanan kepada asyarakat, sekaligus sebagai pertanggungjawaban dan dapat dikenali oleh masyarakat luas. Selain materi Peran Jurnalis dalam Meningkatkan Akses Pembangunan Desa yang dibawakan Asnawin Aminuddin, para peserta pelatihan juga mendapatkan materi “Penyusunan dan Pengelolaan Anggaran Desa”, “Optimalisasi Penggunaan Anggaran Desa”, “Pungutan Liar sebagai Musuh Bersama Bangsa”, serta materi “Transparansi Pembangunan dalam Pencegahan Tindak Pidana Korupsi,”.

Sementara menurut Asnawin Aminuddin Daeng Tompo selaku pemateri mengatakan bahwa pemerintah desa juga perlu menugaskan khusus satu dua orang sebagai pengelola website desa, dan juga bisa meminta bantuan anak-anak desa yang sedang kuliah untuk membantu mengisi beragam informasi dan berita di website desa tersebut,” tutur Asnawin.

Selain itu, Daeng Tompo sapaan akrabnya (Asnawin Aminuddin) berharap agar semua desa se- Kabupaten Takalar memiliki website masing - masing desa, Website desa penting sebagai pusat informasi local, sebagai media koordinasi keamanan desa, sebagai media silaturrahim perangkat desa dengan warga, serta sebagai alat untuk meningkatkan SDM desa antara lain dengan membuat video bercocok tanam yang baik dan benar, video peternakan, video industri rumah tangga, dan lain-lain,” kata wartawan senior Asnawin Aminuddin.

Hal itu ia kemukakan saat tampil sebagai pemateri pada Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparat Desa se-Kabupaten Takalar Tahun 2023, di Hotel Lynt, Jl Hertasning, Makassar, Ahad, 17 September 2023.

Asnawin yang membawakan materi “Peran Jurnalis dalam Meningkatkan Akses Pembangunan Desa” mengatakan, banyak manfaat dengan adanya website desa. “Banyak manfaat dengan adanya website desa, antara lain menjadi media promosi dan pengembangan desa, menjadi media publikasi kegiatan desa, meningkatkan pelayanan yang dilakukan oleh pemerintah desa, menjadi alat komunikasi dua arah, serta menjadi sumber data yang lengkap bagi pemerintah desa dan masyarakat setempat,” kata Asnawin.

Dia mengatakan, sejumlah desa di Takalar sudah memiliki website desa, tetapi hanya sedikit dari website desa tersebut yang rajin memposting berita-berita dan informasi terbaru, bahkan ada website desa yang data terbarunya diposting satu tahun lalu.

“Website desa selain selengkap mungkin fiturnya, juga harus sering diperbaharui berita atau informasinya, sehingga menjadi akrab di mesin pencari internet.

Diakhir keterangannya Hasdar Sikki berterimakasih atas kehadiran para kepala desa dan aparat desa dalam kegiatan ini, semoga banyak ilmu yang bisa diserap untuk kemudian dimanfaatkan dalam pembangunan desa,” kata Ketua PWI Kabupaten Takalar, Hasdar Sikki, yang didampingi Sekretaris Supahrin Tiro pada acara penutupan.(*).

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.