-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Ketum PKB Terima Tawaran Anis Baswedan Bakal Cawapres RI di Pemilu 2024 Mendatang
Ketum PKB Terima Tawaran Anis Baswedan Bakal Cawapres RI di Pemilu 2024 Mendatang

Ketum PKB Terima Tawaran Anis Baswedan Bakal Cawapres RI di Pemilu 2024 Mendatang

Foto.- Ketum PKB sekaligus bakal calon wakil presiden (bacawapres) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

JAKARTA SPIRITNEWS.- Ketum PKB sekaligus bakal calon wakil presiden (bacawapres) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menceritakan keputusannya menjadi pendamping bacapres Anies Baswedan. Cak Imin menyebut terdapat andil para kiai atas keputusannya.

Cak Imin menuturkan dia merenungkan terlebih dahulu tawaran dari Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh untuk bisa menjalin koalisi. Namun, Surya Paloh meminta jawaban segera untuk tawaran itu.

"Saya bilang jangan bercanda, saya bilang. Saya harus lapor ke kiai-kiai dulu, saya harus sosialisasikan ke pengurus-pengurus, saya minta waktu dua hari, akhirnya saya telpon para majelis dewan syuro," kata Cak Imin dalam acara silaturahmi bersama Kiai dan Bu Nyai se-Jawa Tengah Bagian Barat di Popes Al-Aqobah Tebuireng, Jawa Timur, Minggu (10/9/2023).

Singkatnya, Cak Imin dan PKB menyepakati rencana kerja sama politik tersebut. Setelahnya, Cak Imin menyatakan, baru tersadar kalau dirinya memang kerap mendapatkan kode dari para kiai soal dirinya berpasangan dengan Anies Baswedan.

"Contohnya pak Cholil As'ad Syamsul Arifin, Situbondo, beliau itu pada tahun 2021 sudah menyampaikan kepada saya, Muhaimin tanpa pengaruh siapapun saya, saya tidak punya niat apapun saya juga tidak maksa tapi menurut saya calon terbaik 2024 Muhaimin berpasangan dengan Anies Baswedan," ungkap Cak Imin.

Atas adanya kode itu, Cak Imin mengaku tidak menjawab apapun baik iya maupun tidak. Saat itu Cak Imin mengaku sempat merasa tak yakin, sebab selama ini Anies Baswedan dikenal sebagai oposisi.

Apalagi, lanjut Cak Imin, Anies kurang dikenal di wilayah Jawa Timur. Terlebih di kalangan para kiai.

"Yang kedua, Anies Baswedan lebih banyak dikenal di wilayah non-Jawa Timur.Survei yang dilakukan oleh PakEep Saefulloh Fatah,pada pertengahan tahun awal tahun ini, survei di Jawa Timur, calon presiden tertinggi memang Ganjar, disusul Prabowo, dan ketiga Muhaimin Iskandar, jadi Anies Baswedan memang tidak dikenal di kiai-kiai dan masyarakat di Jawa Timur, makanya saya bilang lho lho lho nggak bahaya tah ini," ucapnya.

Namun, lanjut Cak Imin, kode yang mengarah pengusungan antara dirinya dengan Anies Baswedan kembali berlanjut. Kode itu muncul saat dirinya melaksanakan ibadah haji beberapa waktu lalu.

Cak Imin menyatakan saat itu bertemu dengan kiai dari Jawa Tengah, yang menyebut kalau yang bersangkutan sudah salat istikharah dengan petunjuk kalau pasangan terbaik adalah Anies-Cak Imin.

"Ketika saya melaksanakan ibadah haji tahun ini, saya dipanggil salah satu kiai dari Jawa Tengah beliau bilang saya juga istikharah bahwa pasangan terbaik adalah Muhaimin berpasangan dengan Mas Anies, dan Alhamdulillah," ujar dia.

Mengetahui adanya pertanda lanjutan itu, Cak Imin lantas meminta kerabatnya di PKB dalam hal ini Sekretaris Dewan Syuro DPW PKB Kiai Badawi dari Kudus. Dimana ketika itu, kata Cak Imin Badawi sedang melakukan umrah, dan diminta untuk melaksanakan salat istikharah.

"Pada tanggal 29 pagi, saya kontak salah satu sekretaris dewan syuro DPW PKB kiai Badawi dari Kudus yang lagi umroh, saya minta tolong istikharah semalam suntuk ini apa yang terbaik untuk negara ini," katanya.

Dari hasil istikharah itu, Badawi kepada Cak Imin keluar Ayat Al-Maidah ayat 2 yang secara makna menurut Cak Imin sangat dalam sekali.

"Alhamdulillah dari tanah suci Makkah beliau telepon jam 7 pagi ditanggal 31 beliau telpon beliau nyatakan keluar alamat dari Alquran," kata dia.

"Jadi passwordnya monggo ditafsirkan sendiri, watawanu alal birri wataqwa walataawanu alalitsmi waludwan, Ini maknanya dalam sekali," sambung Cak Imin.

Atas adanya beberapa tanda dan petunjuk dari istikharah para kiai itu akhirnya PKB kata dia, memantapkan untuk menjalin kerja sama dengan NasDem.

"Akhirnya dari seluruh rangkaian, istikharah, pemikiran diskusi, akhirnya temen-temen DPP dan para kiai DPP memutuskan bahwa berkoalisi dengan Nasional Demokrat Partai NasDem, dan berpasangan dengan mas Anies dalam memasuki Pilpres 2024," pungkasnya.(*/detiknews).

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.