-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Bupati Chaidir Syam Ajak Masyarakatnya Fungsikan Masjid Untuk Semua Aspek Kehidupan
Bupati Chaidir Syam Ajak Masyarakatnya Fungsikan Masjid Untuk Semua Aspek Kehidupan

Bupati Chaidir Syam Ajak Masyarakatnya Fungsikan Masjid Untuk Semua Aspek Kehidupan

Foto.- Haji. Chaidir Syam Bupati Kabupaten Maros.

MAROS SPIRITNEWS.- Kepala Pemerintahan Kabupaten (Bupati) Maros H. Chaidir Syam, Penerima Penghargaan Tertinggi Nugra Jasadharma Pustaloka Perpustakaan Nasional RI, Kategori Pejabat Publik, 2022, yang mengajak Umat Islam di Indonesia, khususnya warga Kabupaten Maros, agar memperkuat literasi agama, selama bulan suci Ramadhan 1444 H, dimana ajakan dan seruan disampaikan Chaidir Syam, terkait Ummat Islam mulai menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1444 H, Pada Hari Kamis, Tanggal 23 Maret 2023 besok, tutur Chaidir.

Chaidir Syam sembari mengutip buku “Masjid sebagai Pusat Kebudayaan” karangan Sidi Gazalba, sebuah buku lama, kendati kandungan isinya masih sangat relevan sampai saat ini.

Karena itu, Chaidir Syam, mengajak masyarakat agar fungsi masjid diperluas pada semua aspek kehidupan, bukan hanya tempat ibadah, tempat sujud, tapi tempat membangun sumber daya umat Islam, ekonomi umat dan ekosistem literasi.

Menurut Chaidir Syam, masjid dalam perspektif sebagai pusat kebudayaan, bermula dari zaman Baginda Muhammad SAW membina para jamaahnya dari kalangan Muhajirin, Anshor dan A’jamiyun agar bisa menjadi jamaah yang berhati masjid.

Selain itu, Chaidir juga mengingatkan bahwa dari dulu masjid telah menjadi pusat kegiatan umat Islam, dan sekarang saatnya kita kembali fungsikan masjid sebagai pusat peradaban, jelasnya Pada Hari, Rabu Tanggal 22 Maret 2023.

Karena itu, Chaidir Syam mengajak warga umat Islam agar memanfaatkan momentun bulan Ramadhan dengan memperbanyak ibadah wajib dan ibadah sunnah, kembali ke masjid memperkuat soliditas umat Islam.

Pada kesempatan tersebut, Chaidir Syam jadikan momentum untuk mengajak agar selama bulan suci Ramadhan, Umat Islam memanfaatkan Masjid sebagai pusat ekosistem literasi agama, ucapnya.

Diungkapkan “Saya bersyukur karena khususnya di Maros, saya telah meluncurkan Gerakan Satu Masjid, Satu Perpustakaan yang diselenggarakan IKA BKPRMI Kab. Maros, pada 2022 lalu,” kata Ketua Umum IKA BKPRMI Maros yang juga Ketua Umum Panitia Nasional Munas IKA BKPRMI Tahun 2023 ini, ungkapnya.

Ini salah satu bentuk keseriusan, Bupati Chaidir Syam, dengan menggerakkan Satu Masjid Satu Perpustakaan? dengan Tokoh Literasi Bachtiar Adnan Kusuma, juga menegaskan selain karena orang yang berada di perpustakaan atau membaca terjadi proses alih pengetahuan untuk membangun kognitif skill, ujarnya.

Dia juga menyampaikan bahwa efek lain dengan kata BAK orang yang seringkali membaca di perpustakaan tentu saja akan lebih kreatif dan lebih terampil dalam kehidupan dan perilakunya, ujarnya.

Diakhir keterngannya menuturkan bahwa sesungguhnya bangsa kita dalam persoalan masih adanya kemiskinan ekstrim, stunting dan disinformasi karena kurang berpengathuan menyebabkan mereka tidak berdaya karena tidak membaca, katanya.(*/Humas Pemkab Maros).

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.