-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
4.251 RT/RW Sudah Didata Regsosek  BPS Makassar
4.251 RT/RW Sudah Didata Regsosek  BPS Makassar

4.251 RT/RW Sudah Didata Regsosek  BPS Makassar

Foto.- Kepala BPS Kota Makassar dan jajarannya saat di Sekretariat PWI Sulsel, diterima oleh Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Sulsel.

MAKASSAR SPIRITNEWS.- Pendataan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) masyarakat yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Makassar yang dimulai sejak September 2022 lalu dan akan berakhir 14 November 2022 mendatang, ternyata baru terealisasi sebesar 83,77 persen atau sudah terdata sebanyak 4.251 Satuan Lingkungan Setempat (SLS).

Demikian diungkapkan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Makassar, Syahrir Wahab saat berkunjung ke Kantor Sekretariat PWI Provinsi Sulsel, Selasa, 8 November 2022.

Kunjungan silaturrahmi jajaran BPS Kota Makassar bertujuan untuk penyebarluasan informasi terkait dengan Regsosek 2022, di jajaran wartawan khususnya media cetak dan online.

Dijelaskan, realisasi pendataan penduduk dihitung berdasarkan Satuan Lingkungan Setempat sesuai dengan RT/RW masing-masing.

Untuk Kota Makassar, target pendataan sebanyak 5.076 SLS atau RT/RW dan realisasi pendataan regsosek yang sudah dilaksanakan per 7 November 2022 sudah mencapai 4.251 SLS atau RT/RW, yang diharapkan bisa rampung 100 persen hingga 14 November 2022 mendatang.

Syahrir menjelaskan, tujuan pendataan Regsosek 2022 adalah menyempurnakan data kondisi sosial ekonomi masyarakat yang diharapkan bisa menjadi sumber informasi penyiapan satu data perlindungan sosial dan juga pemberdayaan masyarakat dimasa datang.

Untuk itu, masyarakat diimbau untuk memberikan data yang benar terkait dengan usaha yang digeluti, pendapatan keluarga maupun aset yang dimiliki rumahtangga yang tujuannya juga untuk mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat.

"Data sangat penting untuk menunjang pengambilan kebijakan oleh pemerintah termasuk dalam upaya pemberdayaan masyarakat yang masih tergolong kurang mampu," ujar Syahrir Wajab.

Diakui, dalam pendataan regsosek seperti itu, masih banyak kendala dihadapi oleh petugas sensus di lapangan, termasuk rumah-rumah dalam kompleks yang pintunya selalu terkunci dan juga pemilik rumah yang kerja di siang hari, sehingga petugas terpaksa harus mendata di malam hari.

Selain itu, di era digital seperti saat ini, petugas sensus harus bisa meyakinkan masyarakat bahwa data yang diberikan sangat dijamin kerahasiaannya.

Petugas juga dalam menjalankan pendataan selalu dilengkapi dengan identitas lengkap dan juga baju seragam petugas pendata regsosek, karena masih banyak warga ragu-ragu melayani petugas sensus, karena adanya ketakutan terhadap tindakan penipuan.

Terkait dengan akan berakhirnya masa pendataan regsosek, maka BPS nantinya akan membuat Posko koordinasi pendataan, yang akan melayani masyarakat yang belum didata.

Kehadiran Kepala BPS Kota Makassar dan jajarannya di Sekretariat PWI Sulsel, diterima oleh Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Sulsel, H.Manaf Rachman yang didampingi sejumlah pengurus PWI lainnya.(*/Manaf).

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.