-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Pangkoopsud ll Marsda TNI Minggit Tribowo, S.I.P, Meninjau Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC
Pangkoopsud ll Marsda TNI Minggit Tribowo, S.I.P, Meninjau Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC

Pangkoopsud ll Marsda TNI Minggit Tribowo, S.I.P, Meninjau Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC

Foto.- Panglima Komando Operasi Udara ll Marsda TNI Minggit Tribowo, S.I.P.,
tiba di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Pada Hari Jumat (18/3/2022),
meninjau langsung Pesawat CASA C-212, dari Skadron Udara 4 Lanud Abd Saleh.

MAKASAR SPIRITNEWS KOOPSUD II.- Rangkaian MotoGP Indonesia atau MotoGP Mandalika adalah seri kedua dari Kejuaraan Dunia tahun 2022, yang dijadwalkan berlangsung race atau balapan untuk kelas MotoGP Minggu (20/3/2022) pukul 14.00 WIB.

Panglima Komando Operasi Udara ll Marsda TNI Minggit Tribowo, S.I.P., telah tiba di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Jumat (18/3/2022), langsung meninjau Pesawat CASA C-212 dari Skadron Udara 4 Lanud Abd Saleh yang sedang bertugas maksanakan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca TMC di Mandalika.

Pangkoopsud ll yang didampingi Mayor Pnb David Moningka, menjelaskan mulai hari Jumat (18/3/2022) dalam melaksanakan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca tiap hari melaksanakan sebanyak tiga kali sortie TMC pelaksanaanya berlanjut hingga Minggu (20/3/2022) mendatang.

Lebih lanjut Mayor Pnb David menjelaskan, pelaksanaan Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca dengan menggunakan pesawat CASA C-212 guna mengurangi intensitas hujan yang tinggi di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Mayor Pnb David Moningka dan Letda Pnb (wara) Lucky Napitupulu bertindak sebagai Pilot in command dan copilot Pesawat CASA C-212 dengan tail number 2103 dalam Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) atau hujan buatan ini.

Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) merupakan usaha manusia untuk meningkatkan atau mengurangi curah hujan yang turun secara alami dengan menyemai garam (NaCl) di awan. Dengan mengubah proses fisika yang terjadi di dalam awan, tambahnya.

"Kita akan menyemai garam pada awan cumolonimbus di sekitar Mandalika. Ini dilakukan agar awan tidak ke wilayah atau daerah Sirkuit Mandalika," keterangan Mayor Pnb David Moningka dari dalam pesawat CASA C-212.

Saat ditemukan awan cumolonimbus yang mengandung air cukup besar, pesawat akan sengaja masuk ke dalam awan tersebut. Ketika di dalam awan, pilot akan membunyikan suara peringatan kepada awak pesawat yang akan melakukan penyemaian garam.

Dengan disemaikannya awan tersebut, diharapkan awan yang mengandung air itu tak terbang menuju arena sirkuit.

Hujan akan diusahakan jatuh di wilayah yang jauh area Sirkuit Mandalika, tambah Mayor Pnb David Moningka.

Diakhir kunjungan Pangkoopsud ll Marsda TNI Minggit Tribowo, S.I.P. berpesan laksanakan tugas ini dengan baik dan serius, apa yang saudara-saudara lakukan saat ini sampai dengan Minggu (20/3/2022), merupakan suatu kehormatan dan kepercayaan yang diberikan oleh negara.(*/Pentak Koopsu II Makassar).

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.