-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA IKUT VAKSINASI AGAR TUBUH KITA SEMAKIN KEBAL DARI SEGALA PENYAKIT, "AYO KITA SEMUA TETAP TAAT PROKES, DENGAN SELALU MEMAKAI MASKER, SELALU MENCUCI TANGAN PADA AIR YANG MENGALIR, TETAP MENJAGA JARAK DENGAN MENGHINDARI KERUMUNAN, " ****
INILAH, Giatkan Budaya Gotong Royong, Babinsa Koramil 1426-01/Polut Bantu Warga Binaannya Pindahkan Rumah
INILAH, Giatkan Budaya Gotong Royong, Babinsa Koramil 1426-01/Polut Bantu Warga Binaannya Pindahkan Rumah

INILAH, Giatkan Budaya Gotong Royong, Babinsa Koramil 1426-01/Polut Bantu Warga Binaannya Pindahkan Rumah

Foto.- Babinsa Koramil 1426-01/Polut saat membantu warga Binaannya Pindahkan Rumahnya.

SPIRUTNEWS TAKALAR.- Sejak dahulu budaya gotong royong telah mengakar dalam masyarakat Indonesia. Salah satu bentuk budaya gotong royong yang masih sering dilakukan oleh masyarakat Kabupaten Takalar sampai saat ini yaitu tradisi memindahkan rumah panggung yang dilakukan secara beramai-ramai oleh masyarakat.

Tradisi ini sudah berlangsung turun-temurun. Warga yang hendak memindahkan rumahnya akan dibantu oleh warga sekitar dengan sukarela. Bobot rumah yang dipindahkan tentu saja tidak ringan, ditambah dengan jarak rumah yang dipindahkan ke lokasi baru juga biasanya tidak dekat.

Pada kegiatan gotong royong pindah rumah milik di Dusun Lauwa Desa Kampung Beru Kec. Polut, Babinsa Koramil 1426-01/Polut Serda Sudirman turut serta ikut membantu.

Untuk memudahkan proses mengangkat rumah awalnya bambu-bambu diikat di masing-masing tiang rumah. Bambu tersebut dipanggul bersama-sama untuk mempermudah mengangkat rumah dan memindah ke lokasi baru.

Saat ditemui, Sabtu (05/02/2022) Babinsa yang akrab disapa pak Sudi ini mengatakan merasa sangat senang membantu masyarakat yang pada dasarnya kegiatan tersebut untuk selalu menjaga silaturahmi bersama masyarakat.

Tradisi gotong royong memindahkan atau menggeser rumah sudah dilakukan oleh masyarakat suku bugis makassar secara turun-temurun, kata Serda Sudirman.

Selain itu, tradisi ini juga menjadi ajang bagi masyarakat untuk mempererat tali persaudaraan dan kekaraban antar sesama," tutur Babinsa.

Ditambahkannya, sebagai aparat teritorial yang bertugas sebagai aparat pembina desa merasa terpanggil untuk membantu sesama karena sudah merupakan tanggung jawab kami dalam membantu setiap kesulitan warga di Desa binaan. Dengan bergotong royong, kesulitan sebesar apapun akan terasa ringan apabila dilaksanakan secara bersama-sama, “Ucap Serda Sudirman ditengah-tengah warganya.

Sementara itu, Kades Kampung Beru H. Junaid mengatakan sangat berterima kasih kepada pak Babinsa yang telah peduli dan memotivasi masyarakat dalam setiap kegiatan-kegiatan positif di wilayah binaannya.

“Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini, akan lebih memberikan semangat bagi kami untuk semakin peduli dengan pentingnya gotong royong dan kebersamaan,” ungkap H. Junaid.(*/Humas Kodim 1426/Takalar).

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.