-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Pangdam VII/Wirabuana MembukaTMMD di Tator
Pangdam VII/Wirabuana MembukaTMMD di Tator

Pangdam VII/Wirabuana MembukaTMMD di Tator





Foto Panglima Kodam VII/Wirabuana Mayjen TNI Bachtiar,S.IP.,M.AP,
bersama rombongan saat meninjau lokasi TMMD,di Tator.



SPIRITnews.Com.-Sebagaimana diketahui bersama, bahwa Upacara Pembukaan TMMD Ke-95 kali ini,dipusatkan oleh TNI Angkatan Darat di Desa Karang Tengah, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah, yang diikuti hari ini secara serentak di 61 wilayah Kabupaten/Kota  di wilayah tanah air kita, termasuk didalamnya Kabupaten Tana Toraja yang menjadi wilayah binaan Kodim 1414/Tator Korem 142/Tatag Kodam VII/Wirabuana. 

Sementara program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Pemerintah Daerah, serta segenap lapisan masyarakat.

Selain itu dikatakan bahwa melalui program ini diharapkan dapat mewadahi aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah pedesaan, sebab proses perencanaan TMMD selalu diawali dengan melibatkan berbagai instansi dan masyarakat sebagai pelaku dan pengguna hasil TMMD, serta disusun dengan sistem “bottom up planning”.

Demikian antara lain dikemukakan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Selaku Penanggungjawab Operasional TMMD, Jenderal TNI Mulyono, yang diwakili dibacakan oleh Pangdam VII/Wirabuana, Mayjen TNI Bachtiar, S.IP.,M.AP pada pembukaanTMMD Ke-95tahun 2015 di Lapangan Desa Rano Tengah Kecamatan Rona Kabupaten Tana Toraja, Kamis lalu.

Selain itu, dikatakan,peran dan kerjasama yang erat dari semua stakeholder, baik Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pemerintah Daerah, BUMN/BUMD, Swasta yang didukung partisipasi aktif masyarakat merupakan penentu keberhasilan TMMD.

Disamping itu, program TMMD telah membantu tugas pemerintah di daerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 

Melalui program TMMD secara berkesinambungan,diharapkan akan dapat mewujudkan ketahanan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi berbagai bentuk ancaman,yang muaranya akan berdaya guna bagi kepentingan Pertahanan Negara. 

Dalam program TMMD ke-95 ini, TNI AD bekerjasama dengan Kemensos RI dan Provinsi, terutama terkait dengan kegiatan sasaran non fisik, yaitu berupa penyuluhanDeradikalisasi, Bahaya Narkoba, Perkebunan, Pertanian, Peternakan, Kehutanan, Penanggulangan Bencana, KB Kesehatan, Pemutaran Film, Bakti Sosial danperlindungan jaminan sosial bagi masyarakat miskin serta pembangunan manusia dan lingkungan melalui program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Sedangkan sasaran fisik yang dilakukan tetap diprioritaskan pada pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana fasilitas umum lain berupa perintisan jalan yang menghubungkan Dusun Rano dengan Desa Kangdo sepanjang 1.000 m yang menjadi kebutuhan masyarakat di daerah, dalam rangka memberdayakan masyarakat pedesaan.

Hal tersebut sejalan dengan tema TMMD Ke-95 kali ini, yaitu : “Dengan Semangat Kemanunggalan TNI, Polri, Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pemerintah Daerah dan Seluruh Komponen Bangsa lainnya, Kita Laksanakan Percepatan Pembangunan Melalui Program TNI Manunggal Membangun Desa Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Pedesaan”.

Semoga tema ini dapat terus dijadikan pendorong semangat untuk membantu Pemerintah dalam upaya percepatan pembangunan di daerah, sehingga Indonesia semakin maju dan sejahtera.

Dalam konteks kepentingan Kemanunggalan TNI-Rakyat, makakepada seluruh Dansatgas, saya tekankan agar mengoptimalkan program TMMD sebagai salah satu langkah nyata dalam mewujudkan Serbuan Teritorial dan melalui GEMA SANG JUARA, yaitu Gerakan Masyarakat Membangun Satu Juta Jamban Untuk Keluarga Indonesia agar desa yang menjadi sasaran TMMD diwujudkan menjadi KATAJAGA, Kampung Total Jamban Keluarga, dengan tujuan untuk merebut hati rakyat, sehingga TNI dapat selalu mencintai dan dicintai oleh rakyatnya.

Berikan uang lauk pauk kalian untuk dimasak dan dimakan bersama mereka. 

Jadikan mereka sebagai orang tua kalian sendiri, sertajadikan rumah mereka seperti rumah sendiri. Nikmati kebersamaan dengan ikut merasakan suka dan duka  sebagai layaknya sebuah keluarga.

Dengan demikian kalian akan dapat menyelami kehidupan setiap penduduk di desa dan pada akhirnya akan terjalin hubungan kekeluargaan yang sesungguhnya.

Dengan kondisi kebersamaan dan kemanunggalan seperti ini, pada gilirannya kita akan berhasil mewujudkan Tri Sukses TMMD, yaitu sukses dalam penyelenggaraan TMMD,sukses memperkokoh Kemanunggalan   TNI–Rakyatdan sukses mewujudkan desa KATAJAGA sertameningkatkan budaya gotong royong di tengah masyarakat.

Kolonel Czi I Made Sutia Kapendam VII/Wirabuana menambahkan bahwa kegiatan tersebut turut dihadiri olej Gubernur Sulawesi Selatan,Pangdam VII/Wrb, KapoldaSulselbar,Danrem 142/Tatag, Aster Kasdam VII/Wrb, Asintel Kasdam VII/Wrb,Kapendam VII/Wrb,Plt Bupati Tana Toraja,tambahnya.

Lebih lanjut disampaikan termasuk dari unsur FKPD Tator,serta Dinas/Instansi terkait, Dandim jajaran Rem 142, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda sertaOrganisasi Kemasyarakatan.(Rusli).Sumber Berita Pendam VII/Wirabuna.

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.