-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Kemenag Sulsel Dan UMI Buat MoU, Pengembangan Pendidikan Agama Islam
Kemenag Sulsel Dan UMI Buat MoU, Pengembangan Pendidikan Agama Islam

Kemenag Sulsel Dan UMI Buat MoU, Pengembangan Pendidikan Agama Islam





SPIRITnews.Com.-Ka. Kanwil Kemenag Sulsel Drs.H.Abd Wahid Thahir, M.Ag., diberikan kesempatan selaku pembicara utama,dengan membawakan kuliah umum, sebagai tanda dimulainya perkuliahan perdana mahasiswa,bertempat di Auditorium Al-Jibra Universitas Muslim Indonesia dan dihadapan sekitar 300 Mahasiswa dan Dosen.

Sementara pelaksanaan acara tersebut diselenggarakan oleh Civitas Akademika Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar,dengan tema Elaborasi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Pembentukan karakter Bangsa pada senin (28/9).

Dalam Sambutannya, DR. H. Hasibuddin,Dekan Fakultas Agama Islam UMI Makassar,dalam sambutannya mengatakan bahwa Fakultas Agama Islam UMI Makassar,semakin hari semakin berkembang baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya katanya.

Selain itu, dia berharap agar ke depan ada kolaborasi positif antara FAI UMI,dengan Kemenag Sulsel dalam upaya mengembangkan dan memajukan Pendidikan Islam khususnya di Sulsel,harapannya.

sementara menurut Wakil Rektor IV DR. KH. Zein Irwanto,pada kesempatan itu menegaskan bahwa Mahasiswa UMI diharapkan bisa mengkorelasikan antara Ilmu,Iman dan Ihsan sehingga karakter generasi Islam kita ke depan bisa semakin baik dan paripurna,yang paling utama adalah bisa membawa bekas baik bagi umat,bangsa dan agama khususnya di Indonesia Timur,tegasnya.

Lanjut dikatakan oleh Ka.Kanwil Kemenag Sulsel,dalam salah satu Materi kuliahnya menyampaikan bahwa salah satu kelemahan di lingkungan pendidikan kita adalah karena terlalu menekankan aspek kognitif tanpa memperlihatkan praktek atau contoh keteladanan dan pembiasaan,sehingga ilmu yang diperoleh peserta didik tidak kontekstual.

Dia juga mengungkapkan bahwa tantangan generasi kita ke depan adalah bagaimana mewaspadai dan menghindari beberapa fenomena modern yang mulai menggerus nilai positif di masyarakat kita diantaranya,meningkatnya kekerasan di masyarakat yang dilakukan oleh Generasi muda akibat peer group (pengaruh kuat Gengk).

Terkait dengan meningkatnya prilaku merusak diri seperti narkoba, alkohol dan sex bebas, semakin kaburnya pedoman moral baik dan buruk sehingga merusak rasa tanggungjawab, membudayakan ketidak jujuran,muncul rasa saling curiga dan mudah menyalahkan orang lain hanya karena berbeda, termasuk lunturnya perhormatan dan penghargaan terhadap orang tua dan guru,ucapnya.

Selain itu,menurutnya ini juga adalah salah satu fenomena termasuk berkurang motivasinya belajar baik di rumah maupun di sekolah,dan akibat prilaku hedonis dan pragmatis yang menggerogoti masyarakat kita.

Sambungnya menegaskan bahwa dengan tantangan tersebut,kita harus kita jawab sekarang dengan melakukan sesuatu yang baik dengan cara yang benar, dan melakukan hal benar dengan cara yang baik, baik menurut agama, maupun menurut nilai / konsesnsus yang berkembang dalam tradisi masyarakat kita di timur, tegas Wahid.

Sementara di akhir kuliah umum ini,selain ada interaksi antara peserta dengan pembicara melalui dialog,juga tampak penyerahan cendera mata dari FAI UMI Makassar kepada Ka.Kanwil kemenag Sulsel serta penandatanganan kerjasama kemitraan antara FAI UMI Makassar dengan sejumlah Madrasah baik Ibtidaiyah,Tsanawiyah maupun Aliyah di makassardalam rangka pembinaan dan pengembangan pendidikan islam, yang disaksikan oleh Ka. Kanwil Kemenag Sulsel dengan Wakil Rektor IV UMU dan Civitas Akademika FAI UMI Makassar.

Ditambahkan Ka. Kanwil sekali menitip harapan melalui MoU antara Kemenag Provinsi Sulsel dengan UMI dalam upaya mendukung pengembangan pendidikan Islam khususnya di Sulsel tambah wahid.. (*).Sumber Berita Inmas Kemenag Sulsel.

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.