-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Diskes Makassar Tugaskan Puskesmas Mangasa Sebagai Penyuluhan HIV/AIDS
Diskes Makassar Tugaskan Puskesmas Mangasa Sebagai Penyuluhan HIV/AIDS

Diskes Makassar Tugaskan Puskesmas Mangasa Sebagai Penyuluhan HIV/AIDS





SPIRITnews.Com.- MAN 1 Makassar sebagai pusat Percontohan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu),dilakukan Pembinaan Kegiatan Cerdik di Madrasah yang melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya giat penyuluhan,pemeriksaan dan monitoring kesehatan siswa dan guru secara berkala,yang dihadiri oleh siswa perwakilan masing masing kelas sejumlah 40 Orang. 

Sementara Dinas Kesehatan Kota Makassar membentuk Tim Penyuluh kesehatan dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Mangasa,untuk melaksanakan penyuluhan HIV/AIDS,disetiap sekolah seperti yang diselenggarakan di MAN 1 Makassar,bertempat di Masjid Maulana Rauf MAN 1 Makassar Jl.Talasalapang No. 46 Makassar Pada Hari Rabu Tanggal 16/9/2015.

Selain itu,kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan penyuluhan yang di mulai sekitar pukul 09.30,wita,atas kerjasama yang baik akhirnya acara ini terlaksana dengan baik dari pihak madrasah (MAN 1 Makassar).

Lanjut dijelaskan bahwa Dinas Kesehatan Kota Makassar melalui Puskesmas Mangasa,sudah jadikan program rutin yang  dilaksanakan penyuluhan terhadap siswa perwakilan tentang dampak dari pada HIV/AIDS dan bahaya lainnya.

Pada kesempatan itu,bertindak selaku pemateri dr.Mahyuddin Majid dan Haerana,S.KM,yang didampingi oleh Wakil kepala madrasah bagian kesiswaan St. Musdalifah,S.Ag,turut dihadiri pula dari pembina UKSPMR MAN 1 Makassar Nurdin, S.Pd, M.Si.ucapnya.

Lanjut dijelaskan bahwa penyuluhan ini untuk tahap 1 dilaksanakan pada 3 sekolah/madrasah aliyah/sederajat dan 3  madrasah tsanawiyah/sederajat yakni secara bergilir dilaksanakan mulai dari MAN 1 Makassar, selanjutnya di MAN 2 Model Makassar, SMKNEG. 3 Makassar, dan kemudian di MTs Negeri 2 Model Makassar, Mts. Rabiatul Adawiyah Makassar dan SMP Negeri 26 Makassar.

Selain itu,Para pemateri menyampaikan bahwa Penyakit HIV/AIDS adalah momok penyakit yang mempunyai resiko kematian yang tinggi,HIV (Human Immunedeficiency Virus).

Lebih lanjut dinyatakan bahwa hal ini merupakan jenis virus yang menyebabkan AIDS,sedangkan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome),itu merupakan kumpulan tanda dan gejala penyakit akibat hilangnya sistem kekebalan tubuh seseorang,sehingga penyakit ini dapat menyerang sistem kekebalan tubuh dan penderita tidak mempunyai kekebalan terhadap berbagai penyakit katanya.

Penyakit HIV/AIDS telah menyerang ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Di Indonesia diperkirakan epidemik HIV/AIDS mengalami peningkatan. Diperkirakan terdapat sekitar 12-19 juta orang yang terkena HIV dan 95.000-130.000 orang yang tertular HIV.

Lebih ironisnya dimana telah dialami pula oleh sebagian penduduk usia produktif termasuk anak sekolah, sehingga untuk mengantisifasi hal ini diperlukan adanya kegiatan sosialisasi dan penyuluhan rutin disetiap sekolah atau madrasah termasuk direncanakan akan dilaksanakan penyuluhan rutin minimal 1 kali setiap bulan di MAN 1 Makassar.

Ditambahkan bahwa ini tentunya untuk memberikan pengetahuan tambahan untuk menyelamatkan generasi muda kita,walaupun pemberian benteng pengetahuan agama yang lebih telah diterima dan telah banyak diberikan pada siswa madrasah selama ini,tetapi menurut pemateri juga berharap agar petugas penyuluh dipuskesmas Mangasa harus meningkatkan giat seperti ini, tambahnya. (Mw) Sumber Berita Inmas Kemenag Sulsel.

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.