-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Komisi V DPR RI, Tinjau Lahan Pembangunan Stadion di GOR Sudiang Makassar
Komisi V DPR RI, Tinjau Lahan Pembangunan Stadion di GOR Sudiang Makassar

Komisi V DPR RI, Tinjau Lahan Pembangunan Stadion di GOR Sudiang Makassar

Foto: Rombongan Komisi V DPR RI meninjau lahan pembangunan stadion di GOR Sudiang Makassar. (Sahrul Alim/detikSulsel).

MAKASSAR SPIRITNEWS.- Rombongan Komisi V DPR RI melakukan peninjauan lahan untuk pembangunan stadion di kawasan GOR Sudiang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Legislator dari Senayan itu ingin memastikan persiapan proyek itu sebelum groundbreaking pada Juli 2024.

Pantauan detikSulsel di lokasi, Jumat (5/4/2024), rombongan dipimpin langsung oleh anggota DPR RI asal Sulsel Andi Iwan Darmawan Aras (AIA).

Sejumlah pejabat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga hadir dalam kunjungan itu.

Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin dan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto serta Bupati Maros Chaidir Syam ikut mendampingi.

Rombongan menuju lokasi pembangunan stadion yang terletak di area belakang bangunan GOR dengan berjalan kaki.

Lahan untuk pembangunan stadion terlihat masih dipenuhi hamparan rerumputan. Rombongan Komisi V DPR RI mengecek akses jalan dan fasilitas pendukung lainnya.

Dalam kesempatannya, Bahtiar mengklaim persiapan proyek ini berjalan baik dan rencananya dilakukan peletakan batu pertama oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Bahtiar juga menjelaskan desain lokasi kawasan GOR Sudiang yang ditampilkan di spanduk.

"Presiden kan mau datang bulan 7 (Juli) untuk groundbreaking di sini. Jadi bapak menyesuaikan, Pak, bulan 7 kami sudah janjian dengan Presiden.

Kami berenam sudah diundang langsung ke Istana, saya, wali kita, bupati bersama forkopimda," ujar Bachtiar memulai pemaparannya.

Iwan Darmawan Aras pun mengapresiasi persiapan Pemprov Sulsel. Dia berharap pembangunan stadion baru ini berjalan sesuai target.

"Ini luar biasa Pak Gub, jadi akan disampaikan nanti ke kementerian progres persiapannya, ke Presiden yang ikut di sini lengkap, jadi selesai itu barang," kata AIA.

Diberitakan sebelumnya, Bahtiar menyebut wilayah Sudiang akan menjadi pusat ekonomi baru di Makassar dengan hadirnya pembangunan stadion.

Hal itu disampaikan Bahtiar saat mengunjungi lahan stadion di GOR Sudiang Makassar, Senin (11/3).

"Ini di belakang kita ini akan menjadi kawasan kota mandiri, kota baru. Yang kita bayangkan sampai 10 ribu hektare, dan ini menjadi fasumnya.

Ini menjadi fasilitas publik," ujar Bahtiar saat mengunjungi lahan stadion di GOR Sudiang Makassar, Senin (11/3).

Bahtiar menjelaskan, pembangunan stadion turut memperkuat rencana pengembangan kawasan metropolitan Mamminasata.

Akses menuju stadion akan diintegrasikan dengan wilayah aglomerasi meliputi Makassar, Takalar, Maros, Gowa, termasuk Pangkep.

"Ini menjadi centernya. Tapi ini fasilitas dari kawasan. Supaya ekonomi juga berkembang. Jadi kalau dilihat rancang bangunnya, nanti ada jalan lingkar di belakang," imbuhnya.

Bahtiar menegaskan pembangunan stadion baru ini bagian dari komitmen Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pemprov Sulsel akan menyediakan lahan 20 hektare, sementara Pemkot Makassar akan mendukung pembangunan infrastruktur jalan ke stadion.

"Lahan sudah disiapkan oleh Pemprov. Lokasi yang sudah kita siapkan adalah di sport center di Sudiang seluas 20 hektare.

Diakhir keterangannya, mengatakan saya sekali lagi tak bisa menyembunyikan kebahagiaan karena hal yang sangat lama didambakan masyarakat kita tahun ini dapat diwujudkan oleh Bapak Presiden Republik Indonesia Jokowi, (*/detiknews).

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.