-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Dinilai Emas Buat Masyarakat di Daerah Terpencil
Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Dinilai Emas Buat Masyarakat di Daerah Terpencil

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Dinilai Emas Buat Masyarakat di Daerah Terpencil

Foto.- Brigjen TNI Bagus Suryadi Tayo, M.Sc. (Waasrena Kasad Bid. Jemen dan RB), saat dilokasi TMMD Ke- 117, TA 2023, di Kodim 1426/Takalar, didampingi Letkol Arh Muh Suaib S.Pd. M.Tr (Han)., M.Si, (Kasiter Korem 141/Tp), Letkol Kav Nanang Sujatmiko Dandim 1426/Takalar (Dansatgas TMMD) dan Forkopimda Kabupaten Takalar.

TAKALAR SPIRITNEWS.- Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah programkan andalan Tentara Nasional Indonesia (TNI), yang dulunya dikenal dengan ABRI Masuk Desa (AMD), dimana Tahun Anggaran 2023, program tersebut kembali dilaksanakan diwilayah Kodim 1426/Takalar ke 117, dimana progrma ini setiap tahunnya dilaksanakan di seluruh Indonesia.
Berdasarkan pantauan awak media ini, Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Takalar harus tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat, kata Dansatgas TMMD ke- 117, Letkol Nanang Sujatmiko, sebagai Komandan Kodim 1426/Takalar.

Kodam XIV/Hasanuddin melalui Korem 141/Toddopuli berdasarkan hasil monitor, wilayah Kodim 1426/Takalar dapat gikiran sebagai lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 117 Tahun Anggaran 2023.

Sementara menurut Dansatgas TMMD (Dandim) 1426 TakalarLetkol Nanang Sujatmiko, mengucapkan terima kasih kepada Pangdam XIV/Hasanuddin dan Danrem 141/Toddoouli, telah memilih Kodim 1426/Takalar sebagai lokasi TMMD yang ke 117, ucap Dandim.
Lebih lanjut Dandim 1426/Takalar,Letkol Nanang Sujatmiko, menuturkan bahwa TNI Manuggal Membangun Desa (TMMD), adalah wujud dari kemanunggalan TNI dan Rakyat dalam bentuk operasi bakti yang dilakasanakan bersama-sama seluruh komponen masyarakat termasuk Pemerintah, tutur Dandim selaku Dansatgas TMMD ke-117 T.A 2023.

Diungkapan bahwa Anggota Satgas TMMD Reguler ke 117 Kodim 1426/Takalar Korem 141/Toddopuli Kodam XIV/Hasanuddin, telah membangunan jembatan di Kelurahan Bontokadatto Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar, salah lokasi TMMD, ungkapnya.
Kita ketahui bersama bahwa tujuan TMMD itu adalah untuk membantu pemerintah daerah dalam percepatan pembangunan daerah yang masih tertinggal pembangunannya termasuk daerah terpencilnya ujarnya.

Inilah penjelasan Dandim 1426/Takalar, Letkol Nanang Sujatmiko, terkait program fisik dan Nont Fisik, di Program TNI Manuggal Membangun Desa (TMMD) di Takalar diantaranya:

1.- Perintisan dan pengerasan jalan di Kelurahan Bontokadatto Kecamatan Polongbangkeng Selatan, sepanjang 1.400 Meter dengan lebar 4,5 meter, yang menghubungkan Kelurahan Bontokadatto dan Kelurahan Canrego, serta pembuatan talud sepanjang 2.800 meter, dengan pembuatan jembatan 2 M x 4,5 M, Plat Duecker 1 buah serta pembuatan gorong-gorong di tiga (3) titik.
2.- Perintisan dan pengerasan jalan di Desa Cikoang, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar, sepanjang 438 Meter dengan lebar 4,5 meter dan pembuatan talud sepanjang 876 meter, Plat Duecker 1 (satu) buah dengan gorong-gorong sebanyak 3 (tiga) titik.
Selain itu diungkapkan pula oleh Letkol Nanang Sujatmiko, bahwa dalam Program TMMD Ke 117 dengan sasaran non fisik sebagai berikut yakni;

1.- Penyuluhan Bela Negara
2.- Penyuluhan wawasan kebangsaan
3.- Penyuluhan perikanan
4.- Penyuluhan Kamtibmas
5.- Penyuluhan kesehatan
6.- Penyuluhan Pemilu
7.- Pemberian paket sembako KPD anak stunting 8.- Pemberian Sembako KPD masyarakat kurang mampu.

Sedangkan dalam program TNI Manuggal Membangun Desa (TMMD), Tim Satgas TMMD ke-117 memiliki beberapa program sasaran tambahan diantaranya:

1.- Renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).
2.- Pembuatan Jamban
3.- Bedah Pekarangan
4.- Pengobatan Door to door
Berdasarkan pantauan awak media ini, di wailayah Kodam XIV/Hasanuddin, Korem 141/Toddopuli, dimana lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), ditempatkan dilokasi yang sama sekali pembangunannya belum disentuh oleh pemerintah daerah, hal ini sesuai dengan hasil monitirin kami dari media online-spirit.com (SPIRITNEWS) sejak adanya program TMMD diwilayah Kodam XIV/Hasanuddin, Korem 141/Toddopuli.

TMMD ke 117 T.A. 2023, lokasinya sangat tepat dan terlihat secara fisik prioritas proyek yang dikerjakan oleh Tim Satgas TMMD betul - betul sasaran yang sangat membantu masyarakat, karena langsung pada peningkatan sarana dan prasarana.

Hal ini langsung menyentuh pada kepentingan dan perbaikan kehidupan masyarakat di pedesaan, terutama untuk membuka isolasi daerah terpencil serta meningkatkan roda perekonomian masyarakat di daerah yang dapat membuka akses yang lebih luas untuk pemasaran hasil bumi dan produk produk yang ada di desa, tersebut, menilai "PROGRAM TNI MANUNGGAL DESA (TMMD) ADALAH EMAS BUAT DAERAH TERPENCIL".
Semoga program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), harus tetap ada atau dilanjutkan karena program "Tentara Nasional Indonesia (TNI) ini, hasilnya sangat dirasakan oleh masyarakat didaerah terpencil tersebut, seperti halnya yang disampaikan warga Desa Cikoang Dusun Bonto Baru, "Alhamdulillah kami tidak jalan kaki lagi membawa Padi saya kerumah, saya sudah bisa pakai sepeda motor ataukah mobil, terima kasih Pak Tentara karena Pak Tentaralah yang peduli jalanan tani kami, katanya Kepada Babinsa Desa Cikoang (Praka Gassing. .(RUSLI).
"Ini berita Yang ikut lomba".

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.