-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Menteri Keuangan, Keseimbangan Primer Negatif Rp.25,5 Triliun Didorong Bergerak Menuju Positif
Menteri Keuangan, Keseimbangan Primer Negatif Rp.25,5 Triliun Didorong Bergerak Menuju Positif

Menteri Keuangan, Keseimbangan Primer Negatif Rp.25,5 Triliun Didorong Bergerak Menuju Positif

Foto: Menteri Keuangan Sri Mulyani saat menghadiri Konferensi Pers Nota Keuangan dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2024.

Defisit Anggaran Sebesar 2,29% PDB Atau Sebesar Rp522,8 Triliun, Keseimbangan Primer Negatif Rp.25,5 Triliun Didorong Bergerak Menuju Positif

JAKARTA SPIRITNEWS.- Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) merancang anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2024 dengan postur defisit.

Ini artinya pemerintah masih akan tetap menarik utang., "Pembiayaan kita lakukan hati-hati.

Karena tadi saya sampaikan environment growth global makin tidak predictable," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Kemenkeu, Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Diketahui defisit anggaran sebesar 2,29% PDB atau sebesar Rp522,8 triliun. Keseimbangan primer negatif Rp25,5 triliun didorong bergerak menuju positif.

Pendapatan negara direncanakan sebesar Rp2.781,3 triliun, yang terdiri dari Penerimaan Perpajakan Rp2.307,9 triliun dan PNBP sebesar Rp473,0 triliun, serta Hibah sebesar Rp0,4 triliun.

Belanja negara dialokasikan sebesar Rp3.304,1 triliun yang terdiri dari Belanja Pemerintah Pusat sebesar Rp2.446,5triliun dan Transfer ke Daerah sebesar Rp857,6 triliun.

Pada 2020, ketika pandemi covid-19, pemerintah menarik utang dalam jumlah besar untuk mempertahankan ekonomi nasional tidak jatuh terlalu jauh.

"Dulu kita alami situasi tidak mudah dan sekarang relatif bisa kita kelola atau relatif sehat," pungkasnya.(*/CNBC Indonesia).

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.