-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
INILAH POLITIKAmin Rais : Sebaiknya Cawapres Anies dari Kawasan Timur, Puluhan DPW PKS Dukung Andi Amran Cawapres
INILAH POLITIKAmin Rais : Sebaiknya Cawapres Anies dari Kawasan Timur, Puluhan DPW PKS Dukung Andi Amran Cawapres

INILAH POLITIKAmin Rais : Sebaiknya Cawapres Anies dari Kawasan Timur, Puluhan DPW PKS Dukung Andi Amran Cawapres

Foto.- Amien Rais Tokoh Nasional.

JAKARTA SPIRITNEWS.– Terkait siapa sosok yang cocok menjadi pendamping Anies Baswedan dalam Pilpres 2024 mendatang, Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais memberi masukan.
Foto.- Andi Amran Sulaiman mantan Menteri Pertanian RI.

Amien mengatakan, Anies harus melihat lumbung suara. Menurutnya, Anies punya basis massa di Jakarta, Jawa Barat, Banten, Sumatera, dan Jawa Tengah.

“Jawa Timur ini mungkin juga dapat tapi tidak prioritas,” kata Amien ditemui wartawan di kompleks Yayasan Budi Mulia Dua, Sleman, DIY, Sabtu (29/04/2023).

Kemudian untuk sosok cawapres, menurut Amien bisa dipilih dari Indonesia timur. Hal ini seperti saat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berpasangan dengan Jusuf Kalla (JK).

“Karena selama ini rakyat Indonesia di bagian timur itu kadang-kadang terlupakan. Kita selalu melebihkan yang di Jawa, Sumatera, mungkin Kalimantan, barat pokoknya,” ujarnya.

“Bahkan kemudian pembangunan-pembangunan pun kemudian lebih banyak di barat daripada di timur. Nah mungkin ini salah satu pertimbangannya,” urainya.

Diketahui, Partai Ummat merupakan salah satu partai yang mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024.

Calon Indonesia Timur Pernyataan yang disampaikan Amien Rais tersebut memberi penegasan bila faktor geopolitik menjadi sangat menentukan dalam kemenangan capres dan cawapres.

Diketahui, dalam berbagai survei yang telah dilakukan, suara dari kawasan Indonesia timur menjadi penentu kemenangan kandidat pada Pilpres sebelumnya.

Menurut pengamat politik dari Unhas, Adi Suryadi Culla, dalqm survei Index Indonesia, ditegaskan bahwa Pemilih dari Kawasan Timur Indonesia (KTI) selama ini menjadi penentu kemenangan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden di Indonesia.

Sebagai pembanding, penentu kemenangan Joe Biden dalam pilpres Amerika Serikat baru-baru ini, adalah kontribusi suara yang diraup oleh Kemala Harris yang mampu memperoleh simpati dari kalangan pemilih imigran Amerika.

“Jadi dalam konstalasi politik Pilpres Indonesia, faktor ketewakilan wilayah dan daerah menjadi sangat penting karena ini menyangkut sejarah keutuhan dan integrasi kebangsaan”, katanya.

Lalu siapa calon dari Indonesia Timur yang layak mendampingi Anies? Tokoh dari Indonesia Timur yang namanya saat ini tengah menjadi sorotan adalah Menteri Pertanian era Jokowi-JK, Andi Amran Sulaiman (AAS).

Selama ini, AAS telah menjadi tokoh representasi Indonesia Timur menggantikan Jusuf Kalla (JK). Dari survei-survei yang ada, basis suara AAS di Indonesia Timur sangat solid yang membentang dari Sulawesi, Papua, NTB, NTT hingga Kalimantan.

Puluhan DPW PKS Dorong AAS Dampingi Anie Dengan pertimbangan geopolitik tersebut, puluhan DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendorong AAS untuk diusung menjadi cawapres Anies. Puluhan DPW PKS ini kompak mendukung Anies didampingi oleh AAS di Pilpres 2024 mendatang.

Diantara DPW PKS tersebut antara lain, DPW PKS Papua Barat, Papua Barat Daya dan DPW Lampung, Dewan Pengurus Daerah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provisinsi Aceh, Provinsi Sukawesi Barat (Sulbar) dan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Menurut Ketua DPW PKS Papua Barat, Mugiyono, dalam surat yang telah dilayangkan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) beberapa waktu lalu, nama-nama yang dinilai pas mendampingi Anies antara lain satu berasal dari internal partai dan satu lagi berasal dari eksternal.

“Beliau juga seorang pengusaha sukses. Jadi dari segi finansial tidak ada masalah. Dan yang lebih penting, Pak Amran ini telah menjadi tokoh yang merepresentasikan Indonesia Timur setelah Pak JK,” katanya.

Kemampuan untuk mendulang suara di Indonesia Timur memang menjadi kekuatan AAS. Bukan hanya dukungan masyarakat Indonesia Timur, namun AAS juga diketahui merupakan kakak kandung Gubernur Sulsel dan besan Gubernur Kalsel. Ini merupakan salah satu kekuatan ASS dalam peta geopolitik Pilpres 2024. (*).

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.