-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Makassar di Urutan ke 9, 10 Kota Terkaya di Indonesia, Nomor 1 Bukan Jakarta, Tapi Kota Berpengaruh Ini
Makassar di Urutan ke 9, 10 Kota Terkaya di Indonesia, Nomor 1 Bukan Jakarta, Tapi Kota Berpengaruh Ini

Makassar di Urutan ke 9, 10 Kota Terkaya di Indonesia, Nomor 1 Bukan Jakarta, Tapi Kota Berpengaruh Ini

Inilah 10 Kota Terkaya di Indonesia, Nomor 1 Bukan Jakarta, Tapi Kota Berpengaruh Ini

INDONESIA merupakan salah satu negara yang sangat luas dan beragam penduduknya.

Setiap kota satu dengan yang lainnya pasti ditemui beberapa perbedaan yang unik dan mencolok.

Adapun salah satu perbedaan yang dapat ditemui antara satu kota dengan kota yang lainnya adalah tingkat kemakmuran masyarakat yang tinggal di sana.

Secara umum, hal yang bisa dijadikan tolak ukur tingkat kemakmuran suatu wilayah ialah dengan melihat nilai produk domestik regional bruto (PDRB) per kapita dari masing-masing kota.

Dengan demikian kita dapat melihat kota terkaya di Indonesia dapat dihitung berdasarkan perhitungan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten dan Kota di Indonesia.

Perlu diketahui bahwa Produk Domestik Regional Bruto adalah jumlah nilai tambah bruto yang timbul dari seluruh sektor perekonomian di daerah tersebut.

Sedangkan untuk perhitungan PDRB dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dan telah mengikuti standar Sistem Neraca Nasional tahun 2008 yang dipublikasikan oleh PBB.

Sementara itu, cara menghitung PDRB per kapita adalah dengan menjumlah pendapatan dibagi dengan total penduduk masing-masing daerah dalam kurun waktu satu tahun. Berdasarkan perhitungan PDRB oleh BPS, berikut adalah daftar 10 kota terkaya di Indonesia:

1.- Kediri Salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia, yaitu PT Gudang Garam Tbk berdiri sejak tahun 1958 di Kediri.

Kota tersebut berada di Jawa Timur dan menjadi kontributor Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar di Indonesia berkat adanya industri tembakau.

Selain itu, industri tembakau juga masuk kategori sektor unggulan dan menjadi alasan mengapa Kediri tercatat sebagai kota terkaya di tanah air.

2.- Bontang Kota terkaya di Indonesia selanjutnya adalah Bontang yang menduduki peringkat kedua.

Bontang adalah kota yang terletak di provinsi Kalimantan Timur dan menjadi wilayah yang berorientasi pada perdagangan, industri, dan jasa.

Jumlah PDRB per kapita kota Bontang mencapai Rp 312,14 juta dan menjadikannya kota terkaya setelah Kediri.

3.- Jakarta Jakarta yang terletak di provinsi DKI menempati urutan ketiga sebagai kota termakmur di Indonesia. Berdasarkan lampiran data dari BPS, Jumlah PDRB per kapita kota Jakarta sebesar Rp 260,44 juta. 4.- Cilegon

Selanjutnya, Cilegon yang terletak di provinsi Banten menempati posisi keempat sebagai kota terkaya di Indonesia.

Jumlah PDRB per kapita kota Cilegon mencapai Rp 233,02 juta dan menjadi salah satu kota dengan industri yang beragam.

5.- Surabaya

Surabaya menempati posisi kelima sebagai kota termakmur di Indonesia.

Kota yang berperan sebagai Ibukota di Jawa Timur tersebut memiliki PDRB per kapita sejumlah Rp 190,89 juta dan menjadikan Surabaya sebagai salah satu kota yang unggul di Jawa Timur.

6.- Balikpapan

Kota terkaya di Indonesia peringkat ke-6 diduduki oleh Balikpapan, salah satu kota besar di Kalimantan Timur.

Berdasarkan data dari BPS, PDRB per kapita Balikpapan mencapai jumlah Rp 155,97 juta.

7.- Tarakan

Selanjutnya, kota dengan peringkat kekayaan ke-7 di Indonesia ditempati oleh kota Tarakan yang terletak di provinsi Kalimantan Utara.

Jumlah PDRB per kapita kota Tarakan mencapai angka Rp 136 juta.

8.- Dumai

Dumai adalah kota yang terletak di provinsi Riau dan terkenal dengan perusahaan-perusahaan besar, seperti: Chevron, Asian Agri, Sinarmas Group, Wilmar Group, hingga kilang minyak Pertamina.

Dumai tercatat sebagai kota terkaya di Indonesia dengan PDRB per kapita sebesar 115,61 juta.

9.- Makassar

Kota termakmur di Indonesia peringkat ke-9 dipegang oleh kota Makassar yang terletak di provinsi Sulawesi Selatan.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah PDRB per kapita kota Makassar menyentuh angka 115,39 juta.

10.- Batam

Terakhir, kota terkaya di Indonesia yang menduduki peringkat sepuluh dipegang oleh kota Batam, yakni kota terbesar di Provinsi Kepulauan Riau dengan PDRB per kapita Rp 113,48 juta.

Perekonomian kota Batam didukung dengan adanya berbagai industri, seperti: industri elektronik, furniture, kimia, kulit, logam, dan lain-lain.

Sebagai informasi, perlu diingat bahwa peringkat tersebut ditentukan berdasarkan perhitungan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) per kapita di setiap wilayah, baik kota maupun kabupaten.

Itulah informasi tentang 10 kota terkaya di Indonesia berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik.

Ternyata, kota Jakarta bukanlah satu-satunya kota termakmur di Indonesia. Masih ada kota-kota lain dari berbagai provinsi dengan tingkat kekayaan yang lebih tinggi.(*/NKRIPOST/kitabaca?).

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.