-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Alauddin Habib, Remaja Akan Cerdas dan Terampil Bila Belajar Jurnalistik
Alauddin Habib, Remaja Akan Cerdas dan Terampil Bila Belajar Jurnalistik

Alauddin Habib, Remaja Akan Cerdas dan Terampil Bila Belajar Jurnalistik

Foto.- Ikatan Remaja Masjid (IRMAS) Khadijah Binti Khuwailid, saat belajar dan berlatih
jurnalistik di Kompleks Bumi / Griya Pallangga Mas 1, Desa Bontoala, Kecamatan Pallangga,
Kabupaten Gowa, di Masjid Khadijah Binti Khuwailid, Ahad, 10 April 2022.

GOWA SPIRITNEWS.- Remaja usia sekolah akan cerdas dan terampil, serta akan memiliki banyak teman bila belajar jurnalistik, karena dengan belajar jurnalistik dan aktif melakukan kegiatan jurnalistik, maka mereka akan terus menerus membaca, menulis, dan berkomunikasi dengan banyak orang.

“Belajar dan berlatih jurnalistik akan melatih keterampilan menulis, menambah kecerdasan karena kita terus menerus membaca, dan juga banyak teman karena kita harus bertemu banyak orang ketika meliput berita, terutama untuk wawancara,” kata wartawan senior Asnawin Aminuddin.

Hal itu ia kemukakan saat membawakan materi Dasar-dasar Jurnalistik pada Pelatihan Jurnalistik Dasar dan Pembuatan Blog, yang diadakan Ikatan Remaja Masjid (IRMAS) Khadijah Binti Khuwailid Kompleks Bumi / Griya Pallangga Mas 1, Desa Bontoala, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, di Masjid Khadijah Binti Khuwailid, Ahad, 10 April 2022.

“Anak yang sudah terbiasa menulis sejak masih remaja, akan lebih mudah mengerjakan makalah dan tugas-tugas yang diberikan dosen saat kuliah, dan juga akan lebih mudah menyusun skripsi di akhir perkuliahan,” kata Asnawin yang juga sudah belasan tahun mengajar jurnalistik di beberapa kampus.

Tentang materi jurnalistik yang dibawakannya, dia mengatakan, jurnalistik adalah kegiatan mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia.

“Ada juga yang mengatakan jurnalistik itu gabungan antara dua kata yaitu jurnal yang berarti catatan harian, dan istik dari kata estetika yang berarti keindahan. Dengan demikian, jurnalistik dapat juga diartikan sebagai seni menulis berita secara indah melalui media massa,” tutur Asnawin yang pemegang sertifikat Pelatih Nasional Wartawan PWI.

Pada Diklat tersebut, Asnawin tampil sebagai pemateri tunggal dengan membawakan dua materi, yaitu materi “Dasar-dasar Jurnalistik” dan materi “Pembuatan Blog” yang dilanjutkan dengan praktek menulis berita dan praktek memasukkan berita ke dalam blog.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Khadijah Binti Khuwailid, H Alauddin Habib, mengatakan, IRMAS Khadijah Binti Khuwailid terbentuk kembali pada Maret 2021.

“Alhamdulillah, organisasi remaja masjid Khadijah Binti Khuwailid sudah kami bentuk kembali menjelang Ramadhan, dan kehadiran mereka sangat membantu kami pengurus masjid di bulan Ramadhan ini. Kami juga mengadakan Diklat Jurnalistik untuk memberi keterampilan tambahan bagi mereka,” kata Alauddin Habib.(*/Asnawin).

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.