-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Peringati Hari Infanteri ke-73, Kodam Hasanuddin Gelar Upacara dan Syukuran
Peringati Hari Infanteri ke-73, Kodam Hasanuddin Gelar Upacara dan Syukuran

Peringati Hari Infanteri ke-73, Kodam Hasanuddin Gelar Upacara dan Syukuran

Foto.- Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno,Pangdam Hasanuddin, saat peringati Hari Infanteri ke-73, dengan menggelar Upacara dan Syukuran.

SPIRITNEWS MAKASSAR.- Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno, S.H., bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) memperingati hari Infanteri ke-73 Tahun 2021, bertempat di lapangan M. Yusuf Makodam Jl. Urip Sumoharjo Makassar, Senin (20/12/2021).

Sambutan Komandan Pussenif (Danpussenif) Kodiklatad Letjen TNI Arif Rahman, M.A., yang dibacakan oleh Pangdam mengatakan, secara pribadi dan sekaligus sebagai pembina korps Infanteri TNI AD mengucapkan "Selamat Hari Infanteri TNI AD ke-73 Tahun 2021" kepada segenap prajurit korps Infanteri beserta keluarga di manapun berada dan bertugas, disertai ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus atas pengabdian, keberhasilan serta prestasi yang telah dicapai prajurit dan satuan korps Infanteri hingga saat ini.

"Saya juga ingin menyampaikan adanya dokumen penting tentang sejarah masa lalu Infanteri yaitu, momentum saat menghadapi agresi militer Belanda II tanggal 19 Desember 1948 dengan keluarnya perintah kilat Panglima Besar Jenderal Sudirman No 1/PB/D/1948 dalam menjalankan perintah siasat No 1/1948 tanggal 12 Juni 1948 untuk melaksanakan siasat pertempuran perang rakyat semesta melawan musuh dengan menggunakan taktik dan strategi prajurit Infanteri melalui aksi Wingate (Inflitrasi) Long March dan membentuk Wehrkreise (kantong-kantong kekuatan) sebagai titik kuat pertempuran gerliya," tuturnya.

"Berkaitan dengan hal tersebut, maka pada peringatan hari Infanteri ke-73 tahun ini mengambil tema "Infanteri yang Solid, Visioner dan Profesional", hal ini mencerminkan komitmen dan tekad yang kuat prajurit dan satuan Infanteri yang tangguh, profesional, modern serta manunggal dengan rakyat," sambungnya.

"Tema tersebut juga mengandung makna memancarkan semangat untuk senantiasa mengoptimalkan segala daya dan upaya guna memperkokoh kemanunggalan dengan rakyat serta membangun sinergitas bersama segenap komponen bangsa lainnya," tambahnya.

"Kebersamaan dengan rakyat menjadi bagian penting dan strategis dalam mendukung pencapaian suatu tugas pertempuran. Nilai-nilai ketokohan, patriotisme, kepemimpinan dari seorang Panglima Besar Jenderal Sudirman, nilai kejuangan, profesionalisme keprajuritan dan sifat pantang menyerah serta nilai kemanunggalan TNI dengan rakyat harus selalu terpatri dalam jiwa setiap prajurit Infanteri," sebutnya.

"Saya berharap tema tersebut kita jadikan sebagai komitmen bersama untuk diimplementasikan melalui langkah dan tindakan nyata secara konsisten sesuai peran, tugas dan fungsi serta tanggung jawab masing-masing," ungkapnya.

"Tantangan tugas ke depan semakin kompleks dan dinamis dengan berubahnya karateristik bentuk ancaman, respons dalam menyikapi hal tersebut telah direalisasikan secara bertahap dengan melakukan transformasi dan modern alutsista guna memberikan semangat baru untuk terus mengantisipasi berbagai perubahan," tandasnya.

Di akhir amanatnya Danpussenif berpesan kepada semua keluarga besar korps Infanteri agar tetap jaga kekompakan pertahankan semangat juang dan kinerja serta kecintaan kepada korps Infanteri, tidak berbuat pelanggaran dan terus berlomba-lomba untuk menciptakan prestasi yang berguna bagi korps Infanteri, TNI AD, masyarakat, bangsa dan negara.

Usai kegiatan upacara dilanjutkan dengan acara syukuran bersama di Balai Pertemuan Hasanuddin (BPH) Makodam Hasanuddin.

Tampak hadir Irdam Brigjen TNI Purbo Prastowo, S.IP., M.M., Kapoksahli Brigjen TNI Andi Kaharuddin, S.IP., Irdivif 3 / Kostrad Brigjen TNI Refrizal, Danrindam, Perwira LO, para Asisten dan Kabalakdam serta para Komandan Satuan Jajaran Kodam XIV/Hasanuddin.(*/Pendam XIV/Hasanuddin).

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.