-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Komisi E DPRD Sulsel RDP dengan Ka.Kanwil soal Haji
Komisi E DPRD Sulsel RDP dengan Ka.Kanwil soal Haji

Komisi E DPRD Sulsel RDP dengan Ka.Kanwil soal Haji


Foto,Ketua Komisi E DPRD Provinsi didampingi oleh Wakilnya dijamu oleh Ka.Kemenag Sulsel.

SpiritNews.com.- Ketua Komisi E DPRD Prov.Sulsel H.Andi Marzuki Wadeng saat memimpin rapat,dan didampingi Wakil Ketua Komisi,H. Syaharuddin Alrif, serta sejumlah Anggota Komisi E, mengundang Ka. Kanwil Kemenag Sulsel ke Ruang Rapat Komisi dalam rangka mendengarkan penjelasan dan Informasi terkait pelaksanaan haji tahun 2016 pada Kamis (9/6/2016)

Sementara menurut Ka.Kanwil Kemenag Sulsel yang didampingi oleh Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) serta Kepala UPT Asrama Haji Sudiang Embarkasi Makassar, hadir bersama Karo Mensprit Pemprov. Sulsel.

Selain itu,dikatakan Ketua Komisi E,sehubungan dengan semakin dekatnya momentum pelaksanaan Ibadah Haji, maka Komisi E DPRD Prov. Sulsel membutuhkan beberapa informasi dan penjelasan terkait persiapan dan pelaksanaan Penyelenggaraan Ibadah haji Tahun 2016 ini khususnya di Sulsel, seperti kesiapan Asrama Haji, Petugas Haji, Catering, Visa serta evaluasi penyelenggraan tahun sebelumnya.

Dalam penjelasannya Ka. Kanwil Kemenag Sulsel Drs. H. Abd. Wahid Thahir, M.Ag melaporkan bahwa saat ini Waitinglist (Daftar Tunggu) Sulsel masih menjadi Daftar Tunggu terlama di Indonesia, bahkan mungkin di Dunia yaitu rata-rata 29 Tahun, bahkan ada beberapa Kabupaten yang daftar tunggunya mencapai angka 39 Tahun.
 
Sementara soal pelunasan BPIH sudah berlangsung saat ini dimana dari 5777 orang jemaah haji untuk Sulsel, yang sduah melunasi sudah mencapai 5477 di tahap pertama, dan kini tersisa 347 orang calon jemaah yang belum melunasinya, diharapkan bisa tuntas segera di tahap kedua yang jadwalnya sampai tanggal 30 juni 2016.

Selain itu, Kanwil Kemenag Sulsel melalui Bidang PHU sudah melaksanakan Pelatihan Petugas Haji , baik itu TPHI, TPIHI, dan TKHI, dimana pesertanya juga berasal dari 8 Prov. Yang masuk dalam kelompok terbang embarkasi makassar.sementara soal catering, sementara menunggu proses lelang.

Adapun soal Jalan bypass Asrama haji Sudiang ke Bandara, sudah selesai dilaksanakan oleh Pemprov. Sulsel, Sisa kemudian menunggu kelanjutan prosesnya dari fihak Angkasa Pura, tambah Ka. Kanwil.

Kepala UPT Asrama Haji Sudiang Makassar (Ashadi Makassar) H. Muhammad Nasir menjelaskan bahwa Asrama Haji Sudiang Makassar siap untuk menerima jemaah calon haji tahun ini, dengan kapasitas 1250 jemaah haji (setara 3 Kloter) setiap harinya, ditambah lagi dengan ketersediaan Wisma Haji setara Hotel Bintang 3 yang sudah rampung pembangunannya dan siap menampung sebanyak 500 orang. Soal perparkiran, listrik, air dan hal lainnya juga sudah siap, tinggal menunggu waktunya saja, ujar Muh. Nasir Optimis.

Selain itu, Kabid PHU Kanwil H. Iskandar Fellang juga menjelaskan bahwa fenomena keterlambatan visa tahun lalu, tahun ini sudah dibenahi sistemnya, salah satunya dengan cara penerbitan visa berdasarkan Kloter yang sudah diatur duluan, sehingga keloter awal yang berangkat dijamin visanya juga sudah siap.

Secara Keseluruhan, Penjelasan Ka. Kanwil Kemenag Sulsel yang didampingi oleh Kepala UPT Asrama Haji Dan Kbid PHU bisa membuat Ketua dan Anggota Komisi E merasa puas dan memiliki gambaran serta informasi yang cukup untuk pertemuan selenjutnya yang sifatnya paripurna dengan melibatkan seluruh stakeholder yang mengurus soal Perhajian, ini dalam rangka melihat pelaksanaan pembinaan, pelayanan dan perlindungan jemaah haji kita semakin baik dari tahun ke tahun, ujar Ketua Komisi E, menutup Rapat. (Inmas Kemenag Sulsel-SpiritNews).

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.