-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Burhanuddin Amin : Gedung PWI Sulsel Dibangun oleh Kodam
Burhanuddin Amin : Gedung PWI Sulsel Dibangun oleh Kodam

Burhanuddin Amin : Gedung PWI Sulsel Dibangun oleh Kodam






Foto: Burhanuddin Amin,Tokoh Pers di Sulawesi Selatan,
Menunjuk Gedung PWI Provinsi Sulsel,Jalan AP.Pettarani No.31 Makassar,Provinsi Sulsel



SpiritNews.Com.- Inilah Kesaksian Burhanuddin Amin Tentang Gedung PWI Sulsel (Balai Wartawan) yang awalnya berlokasi di Jl Penghibur No 1 Makassar,sebenarnya dibangun oleh Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) XIV/Hasanuddin (1960-  1964),Jenderal M Jusuf (waktu itu berpangkat kolonel),selaku Panglima Operasi Kilat.

Gedung yang difungsikan sebagai “Gedung Pertemuan Masyarakat” itu kemudian dihibahkan kepada Pemerintah Daerah Tingkat I Sulawesi Selatan melalui Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan (BPDSS).

“Begitulah penjelasan Dirut BPDSS, Syamsuddin Daeng Mangawing, kepada saya dan almarhum Arsal Alhabsyi, saat kami menemui beliau untuk mengurus pengadaan gedung sekretariat PWI Cabang Sulsel, pada awal tahun 1970-an,” ungkap wartawan senior yang juga mantan pengurus PWI Sulsel, Burhanuddin Amin, kepada “Pedoman Karya”, di Makassar, Senin, 11 Januari 2016.

Gedung itulah yang kemudian dipinjam-pakaikan oleh Pemprov Sulsel kepada PWI Cabang Sulsel setelah melalui proses yang cukup panjang.

Pada tahun 1972, kata Burhanuddin, salah seorang anggota DPRD Sulsel yakni MN Syam,yang juga berprofesi sebagai wartawan, menyampaikan bahwa dirinya sebagai wakil masyarakat pers di DPRD Sulsel,berhasil memperjuangkan anggaran “Bantuan Pembinaan Pers” sebesar Rp7.000.000 (tujuh juta rupiah).

“Waktu itu,di era pemerintahan Soeharto, PWI dinyatakan sebagai satu-satunya organisasi wartawan yang diakui pemerintah.Itulah sebabnya,organisasi kewartawanan memiliki wakil di DPR Pusat maupun di DPRD Tingkat I (provinsi) dan DPRD Tingkat II (kabupaten/kota),” jelasnya.

Mendapat informasi tentang adanya dana atau anggaran “Bantuan Pembinaan Pers”, Burhanuddin Amin kemudian mengajak Arsal Alhabsyi (Pemimpin Umum Mingguan ORDE BARU) untuk menghadiri open house,pada acara halal bihalal yang diadakan Gubernur Sulsel, Achmad Lamo, di rumah jabatan gubernur, Jl Jenderal Sudirman, Makassar.

Kesempatan itu dimanfaatkan oleh Arsal Alhabsyi guna mengusulkan kepada Achmad Lamo agar dana atau anggaran “Bantuan Pembinaan Pers” tidak digelontorkan atau dicairkan secara tunai, melainkan digunakan untuk “menyewa” kantor untuk sekretariat PWI Cabang Sulsel.(Asnawin).Baca berita selanjutnya di Koran SpiritNews.

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.