-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Toilet SMP Negeri 5 Polongbangkeng Utara Jorok ???
Toilet SMP Negeri 5 Polongbangkeng Utara Jorok ???

Toilet SMP Negeri 5 Polongbangkeng Utara Jorok ???





Foto : Keadaan Toilet di SMP Neger 5 Polongbangkeng Utara.



Pengelolaan Dana Bos,Patut Dipertanyakan

Spirit.com.-Banyak sarana dan fasilitas pendidikan di sejumlah  sekolah,kondisinya sangat mem­prihatinkan,seperti halnya toilet sekolah yang menjadi salah satu ukuran ke­beradaban institusi pendidikan,ternyata masih sangat jorok dan berbau sangat tak sedap. Banyak toilet Sekolah Menengah Pertama di kabupaten Takalar yang  tidak layak pakai dengan berbagai macam kerusakan, seperti tidak memiliki pintu, kran air dan tempat penampungan air sehingga tidak bisa difungsikan.

Padahal kita ketahui bersama bahwa yang terbanyak anggaran digulirkan pemerintah pusat itu adalah anggaran pendidikan termasuk didalamnya anggaran dana Bos,merupakan salah satu peruntukkan memperbaiki prasarana sekolah.

Sementara berdasarkan pemantauan awak media belum lama ini,disalah satu sekolah tepatnya di sekolah SMP  Negeri 5   Polongbangkeng  Utara,pada tanggal (15/12),nampak mengalami kerusakan dengan keadaan seperti itu,  sungguh sangat menyedihkan.

Setiap siswa yang hendak buang air kecil terpaksa mereka tidak menyiramnya karena tidak adanya kran air dan tidak memiliki pintu wc, ironisnya wc yang digunakan  untuk guru terlihat lebih baik.

Mengetahui permasalahan  tersebut,Ketua Investigasi LSM-FAKTA Keadilan Abd.Kadir,mengatakan seharusnya keadaan itu (wc rusak) tidak perlu terjadi, karena anggaran dana BOS yang disalurkan pemerintah pusat sudah menyangkut kebutuhan untuk perbaikan dan pemeliharaan prasarana sekolah termasuk kerusakan WC murid.

Selain itu,dikatakannya bahwa seharusnya ini tidak terjadi,untuk pemeliharaan dan perawatan prasarana sekolah sudah ada anggarannya yang berasal dari dana BOS dikucurkan oleh pemerintah pusat, dan seharusnya sekolah tanggap dan segera memperbaikinya,  jangan jangan Pengelolaan Dana BOS di SMPN 5 Polut, tidak profesional,transparan dan akuntabel kata Abd Kadir.

Abd.Kadir menambahkan, pengelolaan dana BOS di SMPN 5 Polongbangkeng Utara, patut dipertanyakan penggunaannya. Jangan sampai ada di laporan pertanggung jawaban (LPJ) sementara tidak  ada pisiknya, (fiktif red). 

Abd.Kadir mengeaskan,  kuat dugaan pengelolaan Dana BOS di SMPN 5 Polongbangkeng Utara tidak sesuai dengan  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 161 Tahun 2014, Tentang petunjuk teknis penggunaan dan pertanggungjawaban keuangan dana bantuan operasional sekolah tahun anggaran 2015.

” Untuk itu,kami sangat mengharapkan kepada pemerintah yang terkait dan pihak penegak hukum agar segera memanggil kepala sekolah SMPN 5 Polut, untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya”.harapnya

Sementara Kepala SMPN 5 Polut, Ruslan, S.Pd saat di konfirmasi di ruang kerjanya, dan ditanya oleh awak media in, tentang penggunaan dana BOS di Sekolahnya, Ruslan hanya bisa menjawab saya lupa.

Awak media ini : sudah berapa lama anda menjabat sebagai kepala sekolah di SMPN 5 Polut?

Ruslan menjawab : kurang lebih tiga tahun.

Awak media ini : Selama anda menjabat sebagai kepala sekolah, Berapa jumlah dana BOS yang anda kelolah?

Ruslan menjawab :tahun 2013 dan 2014, tidak ingat, kalau tahun ini Rp.168 juta dibagi empat.

Awak media ini : apa apa saja yang di belanjakan dana BOSnya

Ruslan menjawab : saya lupa, bendahara dana Bos itu yang tau

Awak media ini : kenapa tidak di tulis dipapan informasi tentang penggunaan dana BOSnya.

Ruslan menjawab : bendahara lupa menulisnya.

Kuat dugaan memang penggunaan dana bos di SMPN 5 Polut,tidak sesuai dengan pentunjuk teknis,ini berdasarkan hasil pantauan media ini,mulai dari tidak adanya transparansi penggunaan dan BOS,karena pihak sekolah tidak menulis di papan informasi tentang  jumlah dana BOS yang di kelolah dan penggunaannya untuk apa.

Saat awak media lakukan  pemantauan digedung sekolah SMP Negeri 5 Polut,  menemukan  ada beberapa  kunci  pintu rusak,plapon rusak dan gedung sepertinya tidak perna di cat,bahkan yang sangat para Wc siswa yang seperti kandang Kambing, **(Tiro).



Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.