-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA IKUT VAKSINASI AGAR TUBUH KITA SEMAKIN KEBAL DARI SEGALA PENYAKIT, "AYO KITA SEMUA TETAP TAAT PROKES, DENGAN SELALU MEMAKAI MASKER, SELALU MENCUCI TANGAN PADA AIR YANG MENGALIR, TETAP MENJAGA JARAK DENGAN MENGHINDARI KERUMUNAN, " ****
INILAH Kinerja PWI Sulsel Sepanjang Tahun 2021, Ketua PWI Sulsel Jagalah Kebersamaan
INILAH Kinerja PWI Sulsel Sepanjang Tahun 2021, Ketua PWI Sulsel Jagalah Kebersamaan

INILAH Kinerja PWI Sulsel Sepanjang Tahun 2021, Ketua PWI Sulsel Jagalah Kebersamaan

Foto.- Ketua PWI Sulsel, HM Agus Salim Alwi Hamu, April lalu,
saat dilantik oleh Ketua Umum PI Pusat Atal S Depari.

SPIRITNES MAKASSAR.- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sulsel, dimana sepanjang tahun 2021, telah menunjukkan kinerja yang nyata, dalam waktu 8 bulan lebih pasca pelantikan Ketua PWI Sulsel, HM Agus Salim Alwi Hamu, April hingga Desember 2021.

Inilah sederetan program kerja telah diwujudkan.

Pada seri 1 (pertama) uraian ini telah dipaparkan, catatan program yang telah diukir, mulai dari pelaksanaan Diklat Jurnalistik, UKW (Uji Kompetensi Wartawan), baksos, pembenahan fasilitas dan sebagainya. Termasuk kebijakan penanganan kasus secara proporsional.

Uraian ini, juga memaparkan realitas program yang telah dan sedang dilaksanakan berlanjut. Jelasnya, program Bidang dan Seksi Organisasi yang teramat urgen dan strategis yakni, pelaksanaan Konferensi Kabupaten/Kota untuk Pemilihan Ketua dan Pengurus PWI di daerah – daerah dalam wilayah kerja PWI Sulsel.

Dikatakan strategis, karena menyangkut stabilitas keberlanjutan estafet kepemimpinan PWI di daerah-daerah, rekruitmen anggota, tonggak penyambung kemitraan positif PWI di kabupaten/kota dan tujuan lainnya. Kita kilas – balik saja data dan fakta ini.

Mendahului kegiatan ini, PWI Sulsel menggelar pertemuan awal persiapan konferkab/kota di ruang Pendidikan Gedung PWI Sulsel, Sabtu, (7/7/2021) lalu. Ketika itu, pertemuan dipimpin langsung Ketua PWI Sulsel, H Agus Salim Alwi Hamu. Dihadiri pengurus pleno dan atau Pengurus Harian, para Waket Bidang dan Ketua Seksi serta unsur lainnya.

Ada sejumlah statemen penting yang ditegaskan Agus Salim Alwi Hamu, Ketua PWI Sulsel 2 periode itu. Diantaranya, diupayakan tahun 2021 konferensi di daerah – daerah terlaksana, inklud dengan persiapan anggarannya.

Pak, Agus, (sapaan singkatnya) mewanti – wanti pengurus untuk berkoordinasi dengan Pengurus PWI Kabupaten/Kota untuk mengakomodir calon ketua yang memenuhi syarat dan mendata DPS (Daftar Pemilih Sementara) untuk ditetapkan sebagai DPT (Daftaf Pemilih Tetap).

Ketua PWI Sulsel yang juga, Dirut PT Media FAJAR itu berharap konferensi di daerah – daerah berjalan lancar dan sukses serta tetap mengutamakan kebersamaan.

“Jaga kebersamaan dan idealnya, Ketua PWI terpilih nantinya dapat bermitra positif dengan pemerintah daerah,” ujarnya.

Sejumlah pengurus inti tampil bicara saat itu. Sebut saja, Sekretaris PWI Faisal Palapa, bicara tentang calon dari ASN. Waket Bid Organisasi, H. Abdul Manaf Rachman bicara tentang kesiapan daerah. Waket Bid Media Cyber, H Ismail Asnawi bicara tentang perlunya wartawan berkualitas.

Yang juga bersuara ketika itu, Waket Bid Pendidikan, H.Suwardi Thahir bicara tentang kehati-hatian untuk rekruitmen pengurus dan anggota. Waket Bid Pembelaan Wartawan Usdar Nawawi bicara tentang verifikasi berkas calon ketua, Waket Bid Kerjasama Kelembagaan, Arsyad Hakim bicara tentang eksistensi calon ketua. Termasuk, Kasi Organisasi, Marno Pawessai menyampaikan syarat calon Ketua PWI.

Waket Bid Kerjasama, Arsyad Hakim misalnya menggarisbawahi pembicaraan seputar calon Ketua PWI. “Kalau ada calon yang memenuhi syarat jangan dihalang-halangi dan kalau tidak memenuhi syarat jangan ─Ćipaksakan,” ujar Arsyad yang juga Pimred Harian FAJAR.

Bicara tentang syarat, Ketua Seksi (Kasi) Organisasi,

Marno Pawessei dalam pertemuan itu mengungkapkan syarat utama untuk menjadi calon Ketua PWI Kabupaten/Kota yakni, sudah menjadi Anggota Biasa sekurang – kurangnya 1 tahun dan memiliki sertifikat Kompetensi wartawan “Persyaratan itu sesuai PD-PRT PWI,” tutur Marno yang juga Pemimpin Umum MERPOS.

Tindak lanjut dari agenda pertemuan tersebut konferkab/kota pun dilaksanakan. Bagian dari PWI Sulsel yang punya wewenang menggenjot pelaksanaan program.

ini adalah Bidang dan Seksi Organisasi yang tentu saja berkoordinasi dengan Ketua PWI Sulsel dan pengurus harian lain untuk sinergis.

Dalam hal ini di bagian trsebut ada, Waket Bid Organisasi, H. Abdul Manaf Rachman, Ketua Seksi Organisasi, Marno Pawessai dan wakilnya, Jamaluddin serta H. Syakhruddin (anggota). Baca Juga : Cerita Lain Raker PWI Sulsel (1) AAS Gairahkan Peserta Raker.

Dari Bidang dan Seksi Organisasi PWI Sulsel itu diperoleh data menyebutkan, hingga penghujung tahun 2021 ini telah tercatat sedikitnya 5 (lima) PWI Kabupaten/Kota yang telah sukses melaksanakan konkerkab/kota untuk memilih Ketua PWI dan Pengurus.

Pengurus PWI Kabupaten/Kota yang telah menggelar Konferkab/kota beserta nama Ketua terpilih masing-masing, PWI Kabupaten Maros (Ketua : Mukhlis Amans Hadi), PWI Kabupaten Pinrang (Ketua : Muhammad Nur), PWI Kabupaten Takalar (Ketua : Hasdar Sikki), PWI Parepare-Barru (Ketua : Abdul Razak Arsyad) dan PWI Kabupaten Soppeng (Ketua : Alimuddin).

Sebagai keberlanjutan program ini — masih informasi dari Bidang dan Seksi Organisasi PWI — akan menyusul 5 PWI Kabupaten/Kota dan 3 daerah yang masih berstatus Pokja (Kelompok Kerja) PWI, juga akan melaksanakan konferensi.

Rinciannya, PWI Kabupaten Sidrap – Enrekang (Januari 2022), PWI Kabupaaten Luwu Raya dan Pokja Toraja (Maret 2022). Sedangkan, PWI Kabupaten Bone, Pokja PWI Gowa dan Pokja Sinjai belum terjadwal pasti.(*/MERPOS).

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.