-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Simulasi Force Down di Pangkalan TNI AU Sultan Hasanuddin Makassar
Simulasi Force Down di Pangkalan TNI AU Sultan Hasanuddin Makassar

Simulasi Force Down di Pangkalan TNI AU Sultan Hasanuddin Makassar

Foto.- Pangkoopsau II Makassar, mendampingi Kasau dan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), menyaksikan Simulasi Force Down di Lanud Sultan Hasanuddin Makassar, Pada Hari Kamis (10/6/2021).

SPIRITNEWS MAKASSAR.- Pangkoopsau II Marsda TNI Minggit Tribowo, S.I.P., mendampingi Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., dan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyaksikan Simulasi Force Down di Lanud Sultan Hasanuddin Makassar, Kamis (10/6/2021).
Kunjungan kerja Kasau dan Menkopolhukam ini untuk meninjau secara langsung Simulasi Penanganan Pesawat Udara Asing Setelah Pemaksaan Mendarat (Force Down) oleh Skadron Udara 3 beserta komponen pendukung lainnya.

Pada latihan force down, disimulasikan Radar Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (Kosekhanudnas) II Makassar menangkap secara visual pesawat tidak dikenal melanggar wilayah ruang udara Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di wilayah Utara Sulawesi.

Melihat situasi tersebut, dua pesawat F-16 Fighting Falcon TNI AU dikerahkan untuk mengintersepsi pesawat asing tersebut di Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar.

Usai dipaksa mendarat, tim penyidik dan unsur pengamanan terpadu TNI AU (Pomau, Intelijen, dan Paskhas) segera bergerak untuk mengamankan pesawat serta awak pesawat di dalamnya.

Setelah mendapatkan tanda aman dari tim TNI AU, tim kesehatan melaksanakan pemeriksaan suhu tubuh dan rapid test dilanjutkan pemeriksaan dokumen dari Dinas Imigrasi Kementrian Hukum dan HAM, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, serta Ditjen Perhubungan Udara.

Demikian skenario Latihan Penanganan Pesawat Udara Asing Setelah Pemaksaan Mendarat (Force down) di Bandara Sultan Hasanuddin, yang melibatkan, Skadron Udara 3, Skadron Udara 5, Wing II Paskhas, Batalyon Komando 466 Paskhas, Satpomau, KKP, Tim Imigrasi, Tim Bea cukai, Unsur Pertahanan Pangkalan, Rumah Sakit, serta Intelpam Lanud Sultan Hasanuddin maupun pihak Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Menkopolhukam menyampaikan bahwa simulasi ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan kesepakatan bersama tentang penanganan pesawat udara asing setelah pemaksaan mendarat sesuai yang telah ditandatangani pada tanggal 24 Februari 2020 lalu oleh 12 Kementrian dan Lembaga.

Kementrian/Lembaga tersebut adalah, Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, Kementrian Pertanian Republik Indonesia, Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, TNI, Perum LPP Navigasi Penerbangan Indonesia, PT. Angkasa Pura I, dan PT. Angkasa Pura II.(*/Pentak Koopsau II Hasanuddin).

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.