-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Pasokan Melimpah, Harga Cakalang Kian Melemah
Pasokan Melimpah, Harga Cakalang Kian Melemah

Pasokan Melimpah, Harga Cakalang Kian Melemah

Foto, Ikan Cakalang yang bertempuk karena Pelaku usaha mengeluhkan 
penurunan harga cakalang atau skipjack tuna secara global.

Jakarta, SpiritNews.com.- Pelaku usaha mengeluhkan penurunan harga cakalang atau skipjack tuna secara global akibat suplai tinggi yang tak sebanding dengan permintaan.

Sementara menurut General Manager Indonesian Pole & Line and Handline Fisheries Association (AP2HI) Abdul Muis Sulaiman menjelaskan harga cakalang mengalami penurunan sejak 2 tahun ke belakang. Padahal, pada 2017 cakalang sempat mencapai angka US$2.300/ton.

Dijelaskan pula bahwa hal ini mengacu dari harga global di Bangkok, saat ini cakalang menyentuh US$850/ton. “Itu dari minggu lalu turun 10% [US$935/ton],” katanya saat dihubungi Bisnis, baru-baru ini, katanya.

Lebih lanjut Abdul menuturkan bahwa harga yang bagus bagi pelaku usaha terutama para pemilik kapal sekitar US$1.400/ton. Rendahnya harga cakalang, kata dia, dipengaruhi oleh stok yang cukup banyak dan semua cold storage di Thailand dikabarkan penuh, tuturnya.

Komisi Perikanan Pasifik Barat dan Tengah (Western and Central Pacific Fisheries Commission/WCPFC) yang biasanya menangkap cakalang di kawasan Pasifik pun telah mengurangi suplai.

Usulan soal resi gudang, menurut Abdul, belum ada studi apakah bisa diterapkan dan menstabilkan harga cakalang. Adapun yang bisa menjadi solusi yakni penyerapan stok agar harga tetap stabil.

“Kecuali tingkatkan demand nasional, tidak harus skipjack tuna diekspor,” sebutnya. Lebih lanjut, pasar baru dengan label sustainability perlu dibuat. Dengan begitu, harga cakalang bisa tetap bersaing dan menguntungkan pelaku usaha. (*/Bisnis.com).


Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.