-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Presiden Jokowi,Pentingnya Peran Guru PAUD
Presiden Jokowi,Pentingnya Peran Guru PAUD

Presiden Jokowi,Pentingnya Peran Guru PAUD


Photo, Presiden Jokowi Bersama Ibu Negara,senam bersama 
pada penutupan Pelatihan Akbar bagi guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) 
se-DKI Jakarta, di Jakarta Islamic Center, Koja, Jakarta, Rabu (20/9). (Foto: Humas Seskab -RI).


SpiritNews.com.- Kepala Negara (Presiden) Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengingatan,bahwa kunci pembangunan, kecerdasan, kunci karakter berada pada usia emas 1-12 tahun.

Lanjut Presiden Jokowi menyampaikan bahwa guru-guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki posisi yang sangat penting menentukan masa depan negara karena di PAUD lah anak-anak dididik.

Selain itu,Jokowi juga menyampaika bahwa kecerdasan itu sangat diperlukan,tapi bila tidak diseimbangkan dengan budi pekerti yang baik, dengan nilai karakter yang baik, tidak ada gunanya,kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada penutupan Pelatihan Akbar bagi guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-DKI Jakarta, di Jakarta Islamic Center, Koja, Jakarta, Rabu lalu.

Berdasarkan data humas Seskab RI,Selain dihadiri Presiden pada acara tersebut didampingi pula oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo pada kesempatan tersebut ditegaskan, di situlah proses-proses membangun mentalitas dan penguatan pendidikan karakter yang akan terus dilakukan pemerintah, yang sebetulnya menjadi titik lemah kita.

Pada kesempata tersebut Jokowi juga menunjuk pelaku-pelaku korupsi, yang pendidikannya merata mulai dari TK, SD, SMP, SMA, Universitas, semuanya juga ikut.

Oleh sebab itu, dua minggu yang lalu dirinya telah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) mengenai pendidikan karakter, yang ini nantinya diharapkan, Perpres ini menjadi payung hukum untuk mengalokasikan dana bagi guru-guru PAUD.

“Ada payung hukumnya. Kalau tidak ada payung hukumnya, mana berani gubernur, bupati, wali kota memberikan? Tapi ini baru dua minggu yang lalu. Gubernur, bupati, wali kotanya belum saya undang, saya berikan penjelasan mengenai itu. Nanti akan segera saya perintahkan setelah bertemu dengan gubernur, bupati, wali kota,” tegas Presiden.

Presiden meminta agar pelatihan-pelatihan guru PAUD itu lebih dimasifkan, tidak hanya dilakukan di 19 kota karena kita memiliki 516 kota dan kabupaten. “Jadi masih sangat kurang,” ujar Presiden seraya menekankan, agar seluruh guru-guru PAUD diberikan pelatihan yang sangat perlu, utamanya untuk mengetahui pilar-pilar karakter itu apa.

Tidak Sekadar Kecerdasan

Pada bagian lain sambutannya, Kepala Negara meminta agar anak-anak diberikanlah materi sesuai yang sudah disampaikan dalam pelatihan ini. “Berikanlah isi itu. Penting sekali anak-anak kita ini,” ujarnya.

Kepala Negara mengingatkan, bahwa dalam kompetisi global, persaingan SDM (Sumber Daya Manusia) antar negara, semuanya bersaing, berkompetisi karena batas antar negara ini sudah dibuka, sudah enggak ada batasnya,sedangkan orang luar Indonesia bisa masuk kesini. Orang Indonesia juga bisa masuk kesana untuk berkompetisi.

Untuk memenangkan kompetisi itu, lanjut Presiden Jokowi, tidak hanya masalah kecerdasan, tapi dibutuhkan karakter unggul, pribadi-pribadi unggul yang tahan banting, yang pantang menyerah.

“Itulah kenapa pelatihan ini dilakukan. Hal-hal yang berkaitan dengan cinta Tuhan, dan segala ciptaan-Nya, anak-anak harus diberi pemahaman sejak dini supaya tidak keliru,” tutur Presiden Jokowi.

Yang berkaitan dengan kemandirian, mandiri, disiplin, tanggung jawab, tegas Presiden, anak-anak harus dilatih sejak dini, karena usia 1 sampai 12 tahun ini sangat menentukan. Siapa yang mengisi di situlah nanti yang akan.

Dan itulah yang akan menjadi perilaku, menjadi perangai, menjadi karakter mereka setelah mereka dewasa,” ujar Presiden seraya menekankan, yang berkaitan dengan kejujuran, amanah, berkata bijak, inilah karakter-karakter yang diperlukan.

Jangan sampai, lanjut Presiden nanti anak-anak kita sudah dewasa, pintar, cerdas, tetapi tidak memiliki karakter-karakter. “Sulit negara ini mengendalikan, mengelola orang-orang dengan karakter-karakter yang tidak betul.

Itu menjadi tugas besar ibu dan bapak-bapak semuanya dalam menyiapkan kader-kader bangsa ke depan,” tegas Presiden seraya menambahkan, guru-guru PAUD berada di dalam itu, bagaimana mendidik anak-anak kita agar memiliki karakter yang dermawan, suka menolong, bisa bekerja sama dengan temannya, bisa membangun sebuah tim, kerja bersama-sama membangun bangsa ini.

Pelaksanaan pelatihan akbar guru-guru PAUD itu dilakukan selama tiga hari mulai dari tanggal 18 sampai dengan 20 September 2017, dan diikuti oleh 1.208 guru PAUD di wilayah DKI Jakarta.

Tampak hadir pada acara tersebut antara lain Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat, dan pengurus Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja.(*) Sumber berita Sekretariat Kabiet RI.

.


Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.