-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Polda Sulsel, Gelar Jumpa Pers Terkait Penindakan Densus 88 di Komplek Villa Mutiara Makassar
Polda Sulsel, Gelar Jumpa Pers Terkait Penindakan Densus 88 di Komplek Villa Mutiara Makassar

Polda Sulsel, Gelar Jumpa Pers Terkait Penindakan Densus 88 di Komplek Villa Mutiara Makassar

Foto, Irjen Pol Merdisyam bersama Kabid Humas Polda Sulsel,
Pejabat Densus 88 dan Kadiv Humas Mabes Polri saat menggelar
Jumpa Pers terkait penindakan Densus 88 di Komplek Villa Mutiara Makassar.

SPIRITNEWS MAKASSAR.- Kapolda Sulsel Kabid Humas Polda Sulsel, menjelaskan penindakan densus 88 AT Polri terhadap jaringan kelompok teroris di perumahan Vila Mutiara Biru, kota Makassar yang terjadi Pada Hari Rabu, Tanggal 6 /01/ 2021, sekitar pukul 06.00 Wita, kepada Pejabat Densus 88 Mabes Polri didampingi, Kabag Penum Div Humas Mabes Polri.

Sementara dalam penjelasan Kapolda Sulsel terkait perkembangan Penindakan Densus 88 AT Polri, terhadap jaringan kelompok teroris di Perumahan Vila Mutiara Biru Kota Makassar, dikatakan bahwa benar Pada Hari Rabu Tanggal 6/01/2021 pagi, telah dilakukan penangkapan terduga teroris Personil Densus 88 Mabes Polri yang di back up personil Polda Sulsel berlokasi di Perumahan Vila Mutiara Biru, Kelurahan Bulurokeng, Kec. Biringkanaya, Kota Makassar, Provinsi Sulsel.

Diungkapkan pula bahwa pada saat penangkapan 2 (dua) orang meninggal dunia karena melakukan penyerangan kepada petugas dengan menggunakan senjata tajam jenis parang dan senapan angin jenis PCP yang dapat mengakibatkan terancamnya keselamatan petugas sehingga petugas melakukan penidakan secara tegas dan terukur yang mengakibatkan dua orang meninggal.

Lebih lanjut Kapolda menuturkan bahwa identitas dua terduga teroris yang meninggal, saat penggerebekan diantaranya: R dan A, yang merupakan mertua dan menantu dan terlibat JAD dan mendukung ISIS, R (46) warga Perumahan Villa Mutiara Biru 11 No. 2 Kel. Bulurokeng, Kec. Biringkanaya, Kota Makassar, dan A (23) warga Perumahan Villa Mutiara Biru 11 No. 2 Kel. Bulurokeng, Kec. Biringkanaya, Kota Makassar.

Selain itu, Dijelaskan satu orang pelaku lainnya mengalami luka tertembak, saat ini dirawat di RS Bhayangkara (dalam pengawasan petugas) atas nama Iw (30) beralamat Villa Mutiara Claster Biru 11 Nomor 24 Makassar.

Lebih lanjut, Kapolda menjelaskan bersamaan saat kejadian itu dilakukan juga penangkapan 18 orang dilokasi yang berbeda, 5 titik lokasi penangkapan kec. Biring kanaya Villa Mutiara Makassar, Sudiang raya, . kec.Tallo Kota makassar, kec. somba opu kab. Gowa, dan ds. taulo kec. alla kab. Enrekang.

Hubungan dari 2 pelaku yang meninggal dunia dari 18 orang terduga diamankan Dterkait ISIS di yayasan Alridho milik ustas Basir Napiter.

Dijelaskannya lagi, Pelaku keseluruhan berjumlah 20 orang, terdiri 17 Laki-laki , dan 3 Perempuan. Dan adapun 20 orang tersebut, yang Meninggal Dunia 2 orang, juga diamankan 18 orang, jadi keseluruhan berjumlah 20 orang dan terkait penindakan ini petugas dilakukan pengintaian dari tahun 2015 sampai 2021 dimana saat kejadian kemarin pada hari rabu tgl 6 januari 2021 oleh Densuus 88 mabes Polri.

Kapolda menjelaskan bahwa Kelompok Teroris Villa Mutiara ini merupakan Jaringan JAD dan beserta ratusan jamaah lainnya melakukan baiat kepada Khilafah ataupun ISIS pada tahun 2015 di Pesantren Arridha Pimpinan Ustadz Basir yang meninggal di LP Nusakambamgan karena terlibat teror.

Dikatakannya, Kelompok ini aktif melaksanakan kajian khusus bersama pendukung Daulah lainnya di Kompleks Villa Mutiara. Pada .tahun 2016 Kelompok teroris Villa Mutiara ini berencana berangkat ke Suriah bergabung dengan ISIS, namun digagalkan saat telah berada di Bandara Soetta Jakarta.

Selain itu, lanjut Kapolda, Kelompok Villa Mutiara ini terlibat dalam pengiriman dana dalam aksi para pelaku Bom Bunuh diri di gereja Katedral di Jolo, Filipina, Dan para pelakunya kelompok Villa Mutiara.

“ Jadi Sejak Oktober tahun 2020, Kelompok teroris Villa Mutiara ini secara rutin telah melakukan latihan menembak dan naik gunung,”kata Kapolda.

Selain itu, lanjutnya fasilitator pelarian diidentifikasi atas nama Andi Baso yang merupakan DPO bom gereja Oukumene samarinda tahun 2017, dan juga perencanaan bom gereja Jolo 2019 suami istri di Philipina, dimana Ulfa saudara kandung dari tersangka pelaku R dari Kelompok Villa Mutiara.

Adapun barang bukti yang diamnkan diantaranya rangkaian bom, . senpi laras panjang jenis pcp 6 pucuk, . senjata tajam parang, badik, pedang, samurai,busur dan . buku buku yang bersifat provokatif radikal, dll yang tergelar dalam release.(*/Humas Polda Sulsel).

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.