-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

****ONLINE-SPIRIT.COM****DITERBITKAN OLEH: PT. LAZUARDI BUKIT BINTANG NOMOR AHU-0041037.AH.01.TAHUN 2018, PENGESAHAN BADAN HUKUM PERSERO TERBATAS, DITETAPKAN DI JAKARTA 30 AGUSTUS 2018, NOMOR DAFTAR PESEROAN NOMOR AHU-0113857.AH.01.11. TAHUN 2018 TANGGAL 30 AGUSTUS 2018, * SELALU MENDAHULUKAN CEK DAN RICEK,DENGAN PRINSIP NETRALITAS, AKUNTABEL SERTA TERPERCAYA,DALAM PENYIARAN DENGAN MENULIS SESUAI PAKTA,ITULAH KORAN SPIRITNEWS "JADIKANLAH KORAN SPIRITNEWS DAN ONLINE-SPIRIT.COM,BACAAN SEHARI HARI,SERTA MEDIA PEMBERITAAN SEGALA KEGIATANNYA "****
Majelis Adat Kerajaan Gowa Beri,  Pangdam XIV Hasanuddin Gelar Kehormatan Panggilan Karaeng Tonang
Majelis Adat Kerajaan Gowa Beri,  Pangdam XIV Hasanuddin Gelar Kehormatan Panggilan Karaeng Tonang

Majelis Adat Kerajaan Gowa Beri, Pangdam XIV Hasanuddin Gelar Kehormatan Panggilan Karaeng Tonang

 

Foto, Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka, seusai diberi gelar Karaeng  Tonang mengunjungi Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Pada Hari Rabu Tanggal 30/9/2020,  .

GOWA SPIRITNEWS.- Andi Sumangerukka, dengan pangkat Jenderal bintang dua itu mengunjungi tiga tempat yakni Museum Balla Lompoa, Makam Sultan Hasanuddin, dan Makam Arung Palakka,

Foto, bersama Pangdam XIV/Hsn, Pj Bupati, Dandim dan Kapolres bersama Raja Gowa.

Sementara pada kunjungan ini Pangdam bersama rombongan diterima langsung Penjabat, sementara Bupati Gowa, Andi Aslam Patonangi bersama jajaran Forkopimda dan Raja Gowa XXXVIII, Andi Kumala Idjo Daeng Sila Karaeng Lembang Parang

Pemberian gelar tersebut bertempat di Museum Istana Balla Lompoa, Pangdam XIV Hasanuddin resmi dapat Panggilan KARAENG TONANG., gelar itu diberikan oleh Majelis Adat Kerajaan Gowa pemberian ini dikarenakan Andi Sumangerukka berasal dari rumpun Raja Bone Ke-31.

Lebih lanjut disampaikan bahwa Andi Sumangerukka, mengatakan kehadirannya di Gowa selain melakukan kunjungan kerja, juga menghadiri undangan dari Raja Gowa ke-38 terkait pemberian gelar kehormatan.

Selain itu, menurutnya gelar tersebut diberikan karena dirinya berasal dari keluarga atau silsilah kerajaan, kehadiran kita ini untuk silaturrahmi dan memenuhi undangan, katanya.

Berdasarka keterangan Majelis Adat dengan menyampaikan bahwa setelah melihat garis keturunan dan silsilah yang ada, kami mempunyai itu sehingga hari ini saya dikukuhkan dengan nama Karaeng Tonang yang merupakan nenek saya, jadi sama halnya dengan dikembalikan nama nenek ke saya, bebernya.

Pada kesempatan tersebut dirinya mengakui dengan mengatakan bahwa diberikannya gelar tersebut akan menjadi suatu kebahagiaan dan menjadi spirit tersendiri untuknya.

Di tempat yang sama, Andi Kumala Idjo Karaeng Lembang Parang mengungkapkan pemberian gelar kepada Andi Sumangerukka telah dikaji dan dirapatkan bersama pemangku adat yang ada di Gowa.

Sehingga setelah dirapatkan Andi Sumangerukka, tidak lain dan tidak bukan keturunan dari Raja Bone ke-31 dan diberilah gelar Karaeng Tonang.

Sementara itu, Pjs Bupati Gowa, Aslam mengatakan kunjungan ini menjadi bukti bahwa Gowa adalah kabupaten dengan banyak sejarah.

Apalagi makam pahlawan Sulawesi Selatan hampir keseluruhan ada di Kabupaten Gowa. Seperti Arung Palakka yang merupakan mantan Raja Bone., "Makam Sultan Hasanuddin dan Arung Palakka yang tidak lain dua orang besar di Sulsel menandakan bahwa mereka putra Gowa," katanya.

Mayjen TNI Andi Sumangerukka, menambahkan bahwa hal ini semakin membuat kita orang Gowa bangga bahwa hampir seluruh situs dan makam berada di Kabupaten Gowa, tambahnya. (*/red).




Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.