-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS MASKERKU MENYELAMATKANKU DARI PENULARAN VIRUS COVID-19 "AYO KITA SEMUA SELALU CUCI TANGAN PADA AIR YANG MENGALIR, TETAP JAGA JARAK, HINDARI KERUMUNAN, SELALU MEMAKAI MASKER" ****
Ayo Buruan Daftar di Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id, Sudah Resmi Dibuka Pemerintah Pusat
Ayo Buruan Daftar di Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id, Sudah Resmi Dibuka Pemerintah Pusat

Ayo Buruan Daftar di Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id, Sudah Resmi Dibuka Pemerintah Pusat


SPIRITNEWS. COM.- Inilah Kebijakan Pemerintah Pusat untuk seluruh pemuda dan pemudi segera mendafta di Kartu Pra Kerja di www.prakerja.go.id, secara sudah dibuka Sabtu (11/4/2020), pukul 16.00 WIB sore. Sebelumnya, pemerintah Indonesia mengumumkan pembukaan kartu pra kerja resmi dimulai Sabtu tanggal 11 April 2020 kemarin.

Namun para peserta yang akan mendaftar dari pagi hingga siang hari masih belum bisa mengakses website prakerja.go.id. Barulah sore hari sekitar pukul 16.00 WIB, website prakerja.go.id bisa dibuka, masyarakat pun sudah bisa mendaftarkan dirinya menjadi peserta kartu pra kerja.

Menko Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto menuturkan, saat ini pendaftaran kartu pra kerja sudah bisa dilakukan. Namun untuk pendaftaran tahap awal ini, pemerintah hanya memberikan kuota 164.000 orang saja.

Pendaftaran kartu pra kerja di www.prakerja.go.id tahap awal dimulai Sabtu (11/4/2020) hingga Kamis (16/4/2020). Kata Airlangga, pendaftaran gelombang selanjutnya akan dilakukan setiap satu pekan. Untuk pendaftaran kartu pra kerja tahap kedua, nanti dilakukan Kamis (16/4/2020) setelah jam 16.00 WIB sore, begitu pun selanjutnya.

Lanjut Airlangga, pengumuman peserta yang lolos pendaftaran kartu Pra Kerja tahap awal ini, akan dilaksanakan Jumat, (17/4/2020) depan. Mereka (peserta) yang lolos akan mengikuti pelatihan kerja secara online.

Bagi peserta yang belum lolos pada pendaftaran tahap awal dan seterusnya, bisa melakukan lagi pendaftaran, caranya dengan membuat akun baru, lalu kembali mendaftarkan diri di website resmi kartu pra kerja. Kata Airlangga, bagi yang belum lolos bisa kembali daftar  namun tidak perlu mengulang dari awal, nanti akan aada petunjuknya dari web resmi.

Bagi kamu yang mengalami kendala atau kesulitan melakukan pendaftaran Kartu Pra Kerja di www.prakerja.go.id, kamu bisa menghubungi nomor layanan masyarakat kartu pra kerja (021) 25541246 pada hari Senin sampai Jumat mulai dari jam 08.00 WIB pagi sampai jam 19.00 WIB, atau mengirim e-mail di alamat info@prakerja.go.id.

Pelatihan Secara Online

Lebih lanjut Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, selama masa pandemi Corona, pelatihan yang akan diikuti peserta program Kartu Pra akan dilakukan secara online, atau dalam kata lain tidak dilakukan di balai latihan kerja (BLK).

Nanti kata dia, sesudah selesai pandemi Corona, pelatihan program kartu pra kerja akan dilakukan di BLK yang ada di 4 wilayah yang telah ditetapkan menjadi lokasi perdana pelaksanaan program Kartu Pra Kerja. Keempat wilayah tersebut yakni Surabaya, Kepulauan Riau, Bali, dan Sulawesi Utara.

Sedangkan, untuk pelatihan secara online pada masa pandemi corona ini, semua masyarakat Indonesia yang lolos program kartu pra kerja bisa mengakses dimana saja.

Untuk kamu yang kesulitan mengakses dan melakukan pendaftaran Kartu Pra Kerja di www.prakerja.go.id, maka bisa mendatangi kantor Dinas Tenaga Kerja di masing-masing daerah. Nanti, petugas dari pemerintah daerah setempat akan membantu serta memfasilitasi proses pendaftaran.

Pemda akan menyediakan beberapa unit komputer dan membantu mendampingi masyarakat yang akan melakukan pendaftaran. Namun, Airlangga mengimbau, bantuan tatap muka pendaftaran kartu pra kerja ini tetap harus menerapkan prosedur protokoler pencegahan covid-19, di setiap kantor atau fasilitas tempat pendaftaran kartu Pra Kerja.

Diberitakan sebelumnya, pendaftaran kartu prakerja, mengalami pengunduran jadwal. Sebelumnya, pendaftaran akan mulai dibukan 9 April 2020, namun karena adanya gangguan teknis pada website resmi kartu pra kerja, jadwal jadi mundur ke tanggal 11 April 2020, itu pun dibuka sore hari sekitar pukul 16.00 WIB.

1,3 Juta Masyarakat Sudah Akses Situs www.prakerja.go.id

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, menyebut antusias masyarakat yang ingin melakukan pendaftaran kartu pra kerja di wwww.prakerja.go.id sangat tinggi. Hal tersebut terlihat dari grafik kunjungan masyarakat ke laman prakerja.go.id. Selama satu minggu ini tercatat 1,3 juta masyarakat membuka website resmi Kartu Pra Kerja.

Namun pihaknya mengakui hingga saat ini masih ada beberapa kendala teknis dalam pengelolaan situs prakerja.go.id. Maka dari itu, pihaknya meminta pengertian kepada masyarakat tentang ketidakyaman ini, dan  berjanji akan berupaya menyempurnakan fasilitas pendaftaran di halaman resmi prakerja.go.id

Cara Pendaftaran Kartu Pra Kerja di www.prakerja.go.id, Kamu yang mau melakukan Pendaftaran Kartu Pra Kerja di www.prakerja.go.id, tentu harus mengetahui cara daftar kartu Pra Kerja secara online, dan apa saja syarat-syaratnya Namun sbelum kamu daftar, kamu juga harus menyiapkan beberapa dokumen pribadi antara lain;

1.- Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai KTP beserta data pribadi lengkap

2.- Persiapkan Nomor HP/telepon (yang aktif)

3.- Email (yang masih aktif)

Syarat-syarat Kartu Pra-Kerja:

1.- Warga Negara Indonesia (WNI)

2.- Berusia minimalnya 18 tahun (saat mendaftar)

3.- Tidak sedang mengikuti pendidikan/pelatihan formal

Untuk mendapatkan Kartu Prakerja dari pemerintah, kamu harus tahu dulu cara daftar Kartu Pra Kerja secara online. Hanya saja, sebelum mendaftar, kamu mesti punya akun terlebih dahulu.

Membuat akun kartu pra kerja bisa memakai nomor telepon ataupun alamat email yang masih aktif. Pendaftar pun wajib mengisi data beserta informasi yang benar pada situs resmi. Salah satunya mengisi nama dan data sesuai KTP yang disahkan negara.

Berikut ini cara membuat akun kartu prakerja lewat pendaftaran kartu pra kerja di www.prakerja.go.id:

1.- Pertama, masukkan alamat email atau nomor ponsel (yang aktif).

2.- Lalu, klik kolom daftar

3.- Pilih menu metode verifikasi.

4.- Kemudian masukan kode verifikasi diterima baik lewat email ataupun sms ke HP kamu.

5.- Jika selesai, maka pendaftaran dianggap sudah berhasil dan kamu sudah punya akun Kartu Pra Kerja.

Mendaftarkan Akun Kartu Pra Kerja, Setelah beres membuat akun pendaftaran Kartu Pra Kerja di www.prakerja.go.id, kamu bisa langsung mendaftarkan diri. Berikut ini kami jelaskan cara daftar kartu pra kerja;

1.- Setelah masuk laman prakerja.goi.id kamu tinggal login akun, dan klik menu daftar Kartu Pra Kerja

2.- Setelah itu isi formulir pendaftaran sesuai format yang disediakan

3.- Lalu, klik selanjutnya

4.- Setelah itu, kamu harus melakukan dan mengisi tes kemampuan dasar.

5.- Kemudian, klik selesai.

6.- Jika sudah beres melakukan mengisi formulir pendaftaran dan tes kemampuan dasar, kamu (peserta)  akan menerima notifikasi lewat akun kamu yang sudah terdaftar. Kamu bisa langsung memeriksa status pendaftaran Kartu Pra Kerja di www.prakerja.go.id. dan lewat akun milik kamu yang sudah terdaftar.

Setelah masuk akun, kamu tinggal klik menu Cek Status Pendaftaran. Segera daftar kartu pra kerja sebelum terlambat. Semoga sukses. (*/ Sumber berita Sekretariat kabinet Republik Indonesia).

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.