-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Parade Militer, Gelar Kekuatan, Narasi Keunggulan dan Respon Ancaman
Parade Militer, Gelar Kekuatan, Narasi Keunggulan dan Respon Ancaman

Parade Militer, Gelar Kekuatan, Narasi Keunggulan dan Respon Ancaman

Foto Dede Farham Aulawi, Bersama Tim Genppari di Pinggir Pantai.

Serbia, SpiritNews. com.- Dede Farham Aulawi, mengatakan ada beberapa kosa kata yang terus mewarnai berbagai halaman media massa saat ini, adalah narasi - narasi tentang gelar kekuatan negara adikuasa yang dipamerkan dalam berbagai parade militer.
Foto, Dede Farham Aulawi di depan Naroda Rada Slovenskej Republky, Di Serbia dan Slowakia.

Gelar kekuatan itu sengaja dipertontonkan untuk membawa pesan kepada internal dan eksternal, secara internal diharapkan bisa membangun kepercayaan, kebanggaan dan semangat patriotisme, kepada eksternal ingin menyampaikan pesan, agar jangan pernah berani macam - macam dengan kekuatan kami.

Begitulah kurang lebih pesan yang ingin disampaikan. Tak lupa biasanya diakhiri dengan jargon dan adagium untuk membangkitkan semangat juang, pada kesempatan ini, media meminta tanggapan Pemerhati Teknologi Pertahanan Dede Farhan Aulawi di Bandung, Minggu (29/12).

Menurut Dede memang benar narasi keunggulan militer terutama dari negara - negara besar, seperti China, Rusia dan AS banyak dipertontonkan, baik untuk membangun kebanggaan internal, "menakuti" eksternal, sekaligus promosi produk unggulannya, sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Ucap Dede.

Selanjutnya Dede memberi contoh apa yang disampaikan  Presiden China, Xi Jinping saat peringatan 70 tahun berdirinya China. Ia menegaskan bahwa 'tidak ada kekuatan' yang bisa mengguncang China.

Pada kesempatan tersebut, PLA melakukan parade militer dengan  memamerkan armada militer terbaru, termasuk rudal balistik antarbenua jenis DF-41 yang memiliki kemampuan membawa muatan nuklir dan mampu menjangkau wilayah Amerika Serikat (AS) dan peluncur rudal DF-17 yang memiliki kemampuan hipersonik. Ujar Dede.

Di samping itu, Dede juga menyampaikan tentang pengakuan Rusia yang menyatakan bahwa  kecepatan Rudal Hipersoniknya 30 ribu km per jam, perlu diketahui bahwa senjata hipersonik adalah rudal yang memiliki kecepatan tempuh lebih dari 6.125 kilometer per jam.

" Kita jadi teringat saat Presiden Rusia Vladimir Putin meluncurkan Avangard bersama dengan beberapa senjata andalan lainnya pada Maret 2018, ia menekankan HGV itu mampu melakukan manuver tajam menuju target guna menghindari sistem pertahanan rudal.

Sebagaimana kita ketahui bahwa avangard memiliki kemampuan terbang 27 kali lebih cepat dari kecepatan suara, senjata tersebut  merepresentasikan terobosan teknologi cerdas berbasis artificial intelgence (AI) ", ungkap Dede.

Tentu bukan hanya itu yang dipamerkan, dipromosikan dan dibanggakan oleh Moskow, karena secara keseluruhan ada lima sistem persenjataan canggih yang digelar sebagai kekuatan militer unggulannya.

Kelima sistem tersebut adalah (1).- Rudal Jelajah Burevestnik, (2).- Sistem peluru kendali Avangard, (3).- Rudal balistik antarbenua (ICBM) Sarmat, (4).- Kapal selam nirawak Poseidon,  dan (5).- Rudal hipersonik Kinzhal.

Rudal Jelajah Burevestnik merupakan  senjata yang ditenagai mesin nuklir kecil dan membawa hulu ledak nuklir, dengan kapabilitas  jarak tempuh tak terbatas dan "tak bisa dikalahkan seluruh sistem pertahanan rudal yang ada".

Sistem rudal hipersonik Avangard adalah rudal antarbenua dengan  kemampuan terbang secepat Mach 20, belasan ribu kilometer.

Saat mendekati sasaran, rudal dengan hulu ledak yang bisa bermanuver ini mampu menyesuaikan ketinggian dan arah untuk menghindari pertahanan dan terbang cukup rendah untuk menghindari rudal  pencegat.

ICBM Sarmat merupakan sistem ICBM tercanggih, dan dibuat untuk menggantikan ICBM sebelumnya.

Kapal Selam Nirawak Poseidon, adalah kapal selam yang bisa membawa hulu ledak dan mengincar pelabuhan atau kapal induk. Sumber tenaga nuklirnya mampu  memberi Poseidon jarak tempuh antarbenua.

Poseidon diluncurkan dari kapal selam bertenaga nuklir dan bergerak mandiri menuju sasarannya, Rudal hipersonik Kinzhal, merupakan rudal yang dipasang pada pesawat tempur Rusia MiG-31K dan pengebom jarak jauh Tu-22M3.

Kinzhal dibawa hingga kecepatan terbang minimum oleh pesawat jet dan dilepaskan untuk menyalakan mesin propelan-padatnya sendiri, sehingga senjata ini mampu melaju secepat Mach 10, " Jika melihat konteks geostrategisnya, gelar kekuatan dan parade militer tersebut juga sebagai respon atas situasi  dari lingkungannya.

Seperti diketahui, bahwa Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) tengah memperkuat pasukan di perbatasan sebelah barat Rusia, lalu AS juga mengundurkan diri dari Pakta Senjata Nuklir Jarak Menengah 1987, lebih lanjut disampaikan bahwa kedua variabel ini dinilai oleh Moscow sebagai  ancaman nyata terhadap Rusia ", pungkas Dede menutup perbincangan santai di hari Minggu yang mendung. (*/Df).

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.