INDEPENDEN TERPERCAYA UTAMAKAN CEK AND RICEK

ONLINE-SPIRIT.COM,--SELALU MENDAHULUKAN, CEK DAN RICEK, DENGAN PRINSIP UTAMA NETRALITAS, AKUNTABEL SERTA TERPERCAYA, DALAM PENYIARAN MENULIS SESUAI PAKTA, ITULAH MEDIA SPIRITNEWS " AYO JADIKAN KORAN DAN ONLINE-SPIRITNEWS.COM,BACAAN SEHARI HARI, SERTA MEDIA PEMBERITAAN DARI SEGALA KEGIATANNYA " PESTA DEMOKRASI TAK LAMA LAGI AYO SELURUH RAKYAT INDONESIA MENENTUKAN PEMIMPIN YANG TERBAIK UNTUK BANGSA DAN NEGARA YANG KITA CINTAI INI "
Gubernur Sulsel, Melantik Pengurus Forum Komunikasi Bumdes dan Bumdesma Kab Bone
Gubernur Sulsel, Melantik Pengurus Forum Komunikasi Bumdes dan Bumdesma Kab Bone

Gubernur Sulsel, Melantik Pengurus Forum Komunikasi Bumdes dan Bumdesma Kab Bone

Foto, HM Nurdin Abdullah, saat sambutan diacara pelantikan dan pengukuhan 
Pengurus Forum Komunikasi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Kab Bone.

SpiritNews.com.- Pemerintah Provinsi (Gubernur) Sulawesi Selatan, HM Nurdin Abdullah menyaksikan langsung pelantikan dan pengukuhan Pengurus Forum Komunikasi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan Kerjasama Penasehat Bumdes dan Bumdesma Kabupaten Bone Periode 2018-2021 yang dilakukan oleh Bupati Bone, Andi F. Padjalangi di Rumah Jabatan Bupati Bone, belum lama ini.

Berdasarkan pantauan awak media dalam sambutan Gubernur menyampaikan, selamat atas pelantikan dan pengukuhan pengurus. Dia yakin bahwa sebagai negara agraris Indonesia, Bumdes punya peranan mensejahterakan petani. Empat tahun terakhir upaya pemerintah dibawah kepemimpiman Jokowi bagaimana petani disejahterakan.

"Yang kita banggakan yang menjadi tulang punggung pertanian adalah Putera Bone, Andi Amran Sulaiman, dimana di eranya dilakukan mekanisasi pertanian, tujuannya satu, bagaimana petani sejahtera," kata Nurdin Abdullah. Dia pun menyebut bahwa Bone adalah lumbung penghasil orang-orang hebat.Termasuk, pendampingnya, Wakil Gubernur, Andi Sudirman Sulaiman yang juga berasal dari Bone.

Pemprov Sulsel sendiri mendorong Bumdes bersinergi bersama, mencoba mendorong bagaimana hilirisasi pertanian bisa tertangani dengan baik, karena hilirisasi bisa memberikan nilai tambah, "Saya senang Bumdes menjadi tulang punggung ekonomi desa," sebutnya.

Nurdin berharap pengurus Bumdes dapat mensinergikan Dana Desa, agar kebutuhan masyarakat bisa diselesaikan. Selain itu, Ia juga berharap Bumdes punya peran untuk menanggulangi rentenir.

Sementara itu, Bupati Bone, Andi M. Fashar Padjalangi dalam sambutannya mengatakan, suasana kehadiran Gubernur dalam rangkaian hari jadi Bone merupakan moment sempurna, karena gubernur bersedia bermalam selama dua hari.

"Gubernur bersama Ibu merupakan kunjungan perdana. Dan bapak/ibu diterima oleh masyarakat Bone, karena yang hadir adalah kepala desa, yang merupakan representasi masyarakat," sebutnya.

Andi Fashar menyampaikan bagi pengelola Bumdes/Bumdesma dapat menjadi pelopor utama dan penjaga ekonomi masyarakat dan menjadi pilar perekonomian. Jika 328 desa bekerja efektif maka kemampuan ekonominya tidak diragukan.

Dari 27 kecamatan di Bone, terdiri dari 24 kecamatan yang memiliki desa dan kelurahan, 3 kecamatan yang hanya memiliki kelurahan. Sedangkan 10 kecamatan pantai.

"Punya potensi di bidang kelautan, demikian juga daratannya terkenal sebagai lumbung beras. Demikian juga Presiden Jokowi melalui Kementerian Pertanian Kesejahteraan semakin meningkat," harapnya.

Bupati menyebutkan, rata-rata pertumbuhan ekonomi Bone 8,2-8,4 persen dan terkahir tumbuh 8,6 persen dan capaian ekonomi tertinggi di Sulsel. Hadirnya Bumdes dapat menambah kuat pilar ekonomi yang ada.

Ke depan, penyaluran pupuk yang sering bermasalah, penyalurannya akan disalurkan melalui Bumdes dan diharapkan bisa bekerja sama dengan Badan Usaha Miliki Desa Nasional. (*).



Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.